Polisi Amankan Sabu 13 Kg dan 20 Ribu Butir Ekstasi

0

PALEMBANG – Dua bandar narkoba asal Palembang, Nazarudin (46) dan Heri Yanto (42) diringkus diamankan polisi di rumah masing-masing di wilayah Ilir Barat II Palembang, Selasa (30/7) sekitar pukul 06.30 WIB.

Keduanya ditangkap saat baru pulang dari Medan, Sumatera Utara dan dari tangan keduanya diamankan barang bukti berupa sabu seberat 13 kilogram dan 20 ribu butir pil ektasi.

“Satres Narkoba Polresta sudah berhasil menangkap dua bandar narkoba. Barang bukti 13,7 kg sabu serta 20 ribu ekstasi,” kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli didampingi Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah di Mapolresta Palembang, Rabu (31/7).

Selain kedua bandar tersebut, Firli menyebut tim Satres Narkoba akan memburu yang lainnya. Sabu tersebut disebut didapat dari Medan dan sudah lama diedarkan di wilayah Palembang. “Mereka pasti jaringan. Tidak ada cerita peredaran narkoba ini bekerja sendirian, pasti ada yang lain dan sekarang masih kami kejar,” kata Firli.

Sementara itu Kapolresta Palembang, Kombes Didi Hayamansyah menyebut keduanya merupakan target lama dan sudah dilakukan pengintaian. Keduanya bahkan disebut bandar besar di Kota Palembang.

“Iya sudah lama, mereka mengedarkan di Palembang dan sekitarnya. Transaksinya memang besar-besar dan kami sekarang akan teliti untuk dilakukan TPPU,” tegas Didi.

Kedua bandar itu, lanjut Didi, merupakan bandar sabu jaringan internasional. Sabu didapat dari negara tetangga dan transit di Medan untuk selanjutnya dibawa ke Palembang.

“Sistem transit. Sabu dibawa dari luar ke Indonesia dan transit-transit sebelum ini dibawa ke Palembang. Totalnya seperti yang disampaikan kapolda, 13 kg sabu dan 20 ribu ekstasi dengan bungkus teh cina,” tegasnya.(yns)