Polres OKU Bentuk Tim Patroli Jaga Keamanan Masyarakat Selama Berpuasa

0
Personil Polres OKU tampak bersiap melakukan patroli untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman warga selama Ramadhan 1443 Hijriyah, Kamis (7/4). Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Jajaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU), kini membentuk Tim Patroli untuk menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat di daerah itu selama puasa Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Saya berharap dengan adanya tim patroli ini, umat Islam di daerah ini dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman,” tegas Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo, Kamis (7/4/2022).

Selain itu lanjut Kapolres, pihaknya juga saat ini sedang menjalankan Operasi Sikat Musi 2022 dengan sasaran pelaku kriminal di dalam wilayah Kabupaten OKU. “Seluruh kegiatan kita ini akan didukung oleh jajaran 11 Polsek di OKU,” tegas Kapolres.

Untuk mendukung terselenggaranya kegiatan itu ungkap Kapolres, Tim yang dibentuk didukung dengan menggunakan kendaraan baikĀ  R4 dan R2, serta kelengkapan-kelengkapan lainnya.

“Tim akan melaksanakan kegiatan mulai dari jam habis sahur sampai pagi setelah subuh dengan melaksanakan kegiatan Sahur On The Road. Hal ini guna mengantisipasi kegiatan masyarakat, khususnya remaja untuk berkumpul dan berolahraga pagi di jalan jalan raya,” tegas Kapolres.

Kemudian pada sore hari, Tim juga akan melaksanakan patroli di seputaran pasar bedug taman kota dan sekitarnya, serta jalan-jalan raya yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk ngabuburit atau menunggu bedug magrib.

Patroli sore ini juga dilaksanakan guna mengantisipasi kegiatan remaja yang sering menggunakan momen ini untuk melakukan balap liar yang dilakukan di beberapa ruas jalan sehingga dapat membahayakan dan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Dilanjutkan Kapolres, pada malam hari Tim juga tetap akan melaksanakan patroli baik menggunakan R2 maupun R4 untuk menjaga keamanan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah tarawih di masjid.

Disamping itu, Tim juga tetap melaksanakan patroli di area pemukiman dan perumahan penduduk yang dianggap perlu pemantauan agar tidak terjadi tindakĀ kejahatan dan kriminalitas selama Ramadhan.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan kehadiran atau bantuan polisi dapat menghubungi Call Center Polres OKU di nomor telepon 110 atau menghubungi Kantor Polisi terdekat,” tegas Kapolres. (kie)