Polsek Talang Kelapa Sita 1750 liter Tuak

0

PANGKALAN BALAI (fokus-sumsel.com) – Sabanyak 50 jeriken atau 1750 liter tuak dari tiga tempat berbeda diamankan Polsek Talang Kelapa. Tuak didapat dari razia di kawasan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Total tuak yang diamankan ada sekitar 1750 liter.

Pengungkapan puluhan jeriken berisi tuak ini berawal saat petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada perdagangan tuak di beberapa tempat yang ada di kawasan Talang Kelapa.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan rumah, Simanjuntak (49) di Jalan Lingkungan 1, RT 4, RW 2, Nomor 38, Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa. Dari sana petugas mengamankan 12 jeriken berisi tuak siap jual.

Kemudian, petugas juga melakukan razia di depan penginapan Tiga Putri Jalan Tanjung Api-Api, saat memberhentikan sebuah mobil Kijang warna biru Nomor Polisi BG 1640 RV yang dikendarai Gerson Jenifer Tambunan (40) warga Perumahan Darma Karya, RT 47, RW 15, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami Palembang.

Dari dalam mobil, petugas mendapati sebanyak 22 jeriken tuak yang siap dijual ke wilayah Palembang dan daerah pinggiran Banyuasin.

Ditempat sama, petugas juga memberhentikan mobil merek Kuda Nomor Polisi BG 1012 JA yang dikendarai Tua Tarihoran (59) warga Kapling Srigading 3, Kelurahan Sukajadi Banyuasin, dari dalam mobil diamankan 16 jeriken tuak siap dikirim ke desa-desa Banyuasin.

Kapolres Banyuasin melalui Kapolsek Talang Kelapa Kompol Irwanto SIK, menerangkan, total hasil razia, petugas mengamankan 50 jeriken tuak atau sekitar 1750 liter tuak.

Pemilik tuak kemudian digelangdang ke Polsek Talang Kelapa untuk pengembangan, pasalnya, didepan petugas, para pelaku mengaku merupakan penjual bukan yang memproduksi tuak tersebut. Sementara itu puluhan jeriken berisi tuak diamankan di Polsek Talang Kelapa. “Pelaku masih dalam penyelidikan kami dan kami minta keterangan atas kepemilikan ribuan liter tuak ini,” tegas Kompol Irwanto. (kie)