PTPS Sungai Keruh Dilantik, 129 Orang Siap Jalankan Tugas

0

SEKAYU (fokus-sumsel.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Banyuasin  (Muba), Senin (25/3), melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) serentak di empat kecamatan yaitu Sekayu, Sungai Keruh, Plakat Tinggi dan Kecamatan Batang Hari. Dan khusus Sungai Keruh sendiri ada 129 PTPS yang dilantik.

Setelah dilantik, seluruh Pengawas TPS langsung ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek). Dimana materi yang diberikan Panwaslu kecamatan terkait proses pemungutan suara sampai penghitungan hasil pemungutan suara.

Ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Keruh, Sahroni mengatakan, bahwa pelantikan Pengawas TPS dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serentak. “Untuk materi bimtek kami juga yang akan memberikan, karena sebelum pelantikan Pengawas TPS, kami telah bekali mereka dengan kegiatan TOT,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya juga menerangkan, bahwa tugas Pengawas TPS pada Pemilu 2019 yakni melakukan pengawasan langsung terhadap proses pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil suara di tingkat TPS.

“Tugas Pengawas TPS telah diatur dalam Pasal 114 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam pasal itu dijabarkan Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara. Pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” jelasnya.

Selain itu, dalam Pasal 115 bahwa Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran. Kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara, serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sedangkan dalam pasal 116 dijelaskan bahwa Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan. Dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa. Dan menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/desa,” tegasnya.

Sementara Kepala Sekertariat Panwascam Sungai Keruh, Sulaiman SSos mengharapkan hendaknya para petugas PTPS yang dilantik dapat bekerja dengan baik sesuai arahan dan aturan yang telah ditetapkan.

“Apa yang menjadi tugas setiap PTPS harus benar benar dijalankan dengan baik sesuai arahan sehingga tidak ditemukan permasalahan dan proses pemilu dapat berjalan lancar dan aman,” pungkasnya. (wan)