Puluhan Warga Celikah Blokade Pintu Masuk PT Waskita

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Mulai pukul 9.00 Wib, puluhan masyarakat Dusun III Desa Celikah, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI menggelar aksi dengan memblokade pintu masuk PT Waskita Karya yang berada di Desa Celikah, Senin (18/2).

Hal itu dilakukan karena warga mengeluhkan banjir yang melanda dusun mereka dampak dari ditutupnya saluran air (Box Culvert) yang dipasang di jalan tol yang melintasi sawah penduduk yang akhirnya mengakibatkan air tidak mengalir dan menggenangi Dusun III Desa Celikah.

Adam warga Dusun III Desa Celikah mengatakan, sudah dari pukul 09.00 Wib berkumpul di lokasi demo guna menunggu keputusan dari pihak PT Waskita untuk segera mengatasi keluhan masyarakat setempat.

“Sejauh ini kita telah melaporkan hal ini ke Kepala Desa bahkan Camat namun sepertinya belum ada tindakan dari pihak perusahaan. Bahkan banjir ini cenderung terjadi dan untuk saat ini banjir makin tinggi hingga masuk ke rumah – rumah penduduk,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa penduduk setempat hanya meminta tolong agar dibukanya tiga box culvert (saluran air) yang ditutup dan terpasang tersebut agar air bisa keluar serta mengalir hingga tidak lagi menggenangi pemukiman warga.

“Sebelumnya kepala desa bahkan Camat telah berjanji kepada kita, nantinya tidak akan banjir lagi namun buktinya sekarang masih banjir,” tegasnya.

Sementara, Harbi selaku pihak PT PIM mengatakan, pihaknya tidak ada hak menjawab terkait hal ini karena dalam hal ini pihak PT Waskita yang bertanggung jawab. Bahkan malah pihak yang bersangkutan sudah dihubungi sampai sekarang belum juga datang.

Pantauan dilapangan saat ini aparat kepolisian telah memantau dan menertibkan aksi warga tersebut, namun sampai berita ini diterbitkan pihak PT Waskita yang bersangkutan belum terlihat dan belum sempat dikompirmasi. (febri/g-wijaya)