Rapid Tes Kontak Erat Warga OKI yang Dimakamkan dengan Protokol Covid Negatif

0
Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Penyebaran Virus Corona COVID-19 Kabupaten OKI saat melakukan aksi tanggap dengan melakukan Rapid tes terhadap kontak erat AZ (40) warga Desa Tapus Kecamatan Pampangan OKI.

KAYUAGUNG – Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Penyebaran Virus Corona COVID-19 Kabupaten OKI melakukan aksi tanggap dengan melakukan Rapid tes terhadap kontak erat AZ (40) warga Desa Tapus Kecamatan Pampangan OKI yang meninggal dan dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Palembang.

Juru bicara Gugas Covid OKI, Iwan Setiawan mengungkapkan Tim Surveilans Epidemiologi Dinkes Kabupaten OKI Bersama Tim dari Puskesmas Keman telah melaksanakan test Rapid Diagnostic Tes (RDT) terhadap keluarga dan kontak erat almarhum pada Minggu (26/4) pagi.

“Dari hasil pemeriksaan RDT di desa Tapus terhadap kontak erat maka didapatkan bahwa seluruh kontak erat hasilnya negatif Covid-19,” tegas Iwan.

Hasil itu tambah dia langsung diumunkan oleh Kepala Desa Setempat dihadapan warga yg hadir satu persatu. “Agar warga tidak resah hasil diumumkan dimuka umum oleh kepala desa,” ungkap dia.

Iwan mengungkp dari hasil anamnesa dan diagnosa Almarhum AZ (40) menderita hemiparese dan hypertensi. “Yaitu sebagian tubuh melemah dan darah tinggi. Hasil rontgen juga menunjukkan bahwa ada pneumonia,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan itu tegas Iwan tidak ada tanda-tanda kuat mengarah ke Covid-19. Ditambah lagi belum ada hasil laboratorium yang menunjukkan bahwa almarhum terpapar covid-19.

Atas pemakaman yg dilaksanakan di TPU khusus Covid-19 di Gandus ungkapnya lagi merupakan tawaran dari pihak RS Muhammaddyah kepada pihak keluarga dan disambut baik oleh pihak keluarga. Dengan hasil ini harapnya masyarakat di Desa Tapus Kecamatan Pampangan selalu sehat dan tetap tenang. (feb)