Ratusan Kades Datangi Pemkab

0

// Bupati Gelar Konferensi Pers

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Ratusan Kepala Desa yang ada di wilayah Kabupaten OKU Selatan, Jumat (1/2) mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Setelah tiba di Kantor Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, ratusan Kades yang merupakan orang nomor satu di desa masing-masing langsung menuju Aula Sekretariat Pemkab OKU Selatan dan beberapa jam kemudian langsung membubarkan diri.

Selang beberapa waktu kemudian Bupati OKU Selatan, Popo Ali M.B,Commerce langsung menggelar Konferensi Pers dihadapan para wartawan.

“Kedatangan para kades ini dalam rangka mengikuti acara yang di adakan oleh pihak dari BPKP Sumatera Selatan bersama Pemerintah Daerah OKU Selatan,” tuturnya.

Dalam Konferensi Pers tersebut Bupati meminta kepada seluruh Kepala Desa yang ada di wilayah kerjanya untuk menerapkan sekaligus menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Pedesaan (Siskeudes) di desa yang mereka pimpin. Hal ini sebagai mana yang telah di atur dan ditentukan oleh Pemerintah Pusat melalui Peraturan serta Perundang undangan yang mengatur tentang Siskeudes.

Penegaskan ini, terang Bupati di tujukan kepada setiap Kepala Desa melalui instansi terkait. “Saya telah perintahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) untuk bisa memastikan seluruh desa telah memakai aplikasi Siskeudes dalam pengelolaan keuangan di desa,” ujarnya.

Sementara itu terkait hal ini Kepala Bidang (Kabid) Penataan Perencanaan Pembangunan Desa Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan Iqbal SE, mengakui bahwa belum seluruhnya desa yang ada di kabupaten setempat menerapkan atau menggunakan aplikasi Siskeudes.

“Keterbatasan SDM masih menjadi kendala penerapan aplikasi tersebut, terkhusus di desa yang menggunakan aplikasi Siskudes,” ungkap Iqbal ketika dibincangi fokus sumsel usai selesai acara.

Menurut Iqbal, guna mengatasi masih terbatasnya SDM untuk penerapan Siskeudes bagi desa yang belum, untuk itu kedepan pihaknya akan terus melaksanakan sosialisasi.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini pihak Kejari, para Camat serta anggota DPR RI dan juga pihak Kepoisian serta BPKP selaku penyelenggara kegiatan. (den)