RS Pratama Tugu Jaya Disiapkan Jadi ODP Center dan Layanan Darurat Corona

0

KAYUAGUNG – Rumah Sakit Daerah (RSUD) Pratama yang terletak di Desa Tugu Jaya Kecamatan Lempuing Jaya akan disiapkan untuk menjadi ODP center dan rumah sakit darurat penanganan virus corona COVID-19.

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE yang mengambil alih langsung komando gugus tugas percepatan penanganan virus corona memastikan kesiapan sumber daya, dan fasilitas kesehatan di wilayah masing-masing untuk ODP center, dan pelayanan masyarakat.

“Kita pastikan kesiapan semua sumberdaya baik itu APD, ODP center serta prioritas kebijakan lainnya, termasuk kesiapan anggaran penanganan,” ungkap Iskandar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan mengungkapkan RSUD Pratama Tugu Jaya memiliki kapasitas penampungan 50 tempat tidur yang dilengkapi petugas medis dan Alat Pelindung Diri (APD).

“Ada kapasitas 50 tempat tidur ditambah sekarang sedang disiapkan 10 tempat tidur untuk rawat inap,” jelas Iwan.

Namun menurut Iwan penggunaan fasilitas kesehatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan karena tidak semua ODP bisa dilayani di rumah sakit.

“Kita lihat statusnya. Jika bisa isolasi mandiri disarankan isolasi mandiri dibawah pengawasan petugas,” kata Iwan.

Iwan menambahkan terkait status pasien tim medis yang akan menentukan. Bila dinyatakan PDP maka dibawa ke rumah sakit rujukan. (rel)