RSUD Ibnu Sutowo Baturaja Gelar Survei Verifikasi Akreditasi Kedua

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — RSUD Ibnu Sutowo Baturaja menjalani survei verifikasi akreditasi kedua oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Selasa (04/12). Survei ini merupakan kelanjutan dari verifikasi pertama yang dilaksanakan KARS tahun lalu, dengan tujuan memastikan rumah sakit yang telah diakreditasi mempertahankan dan meningkatkan implementasi mutu layanan yang berorientasi untuk keselamatan pasien.

Pada tahun ini dilakukan kembali penilaian dari kelengkapan dokumen dan implementasi mutu pelayanan rumah sakit kepada pasien.

Acara pembukaan survei verifikasi akreditasi kedua bertempat di ruang pertemuan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja. Sebagai surveior dari KARS menunjuk dr Hardi Yanis SpPD. Dalam presentasi Direktur RSUD, dr Rynna Dyana memaparkan perkembangan Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) yang sudah dilaksanakan dan yang masih dalam proses perbaikan dari hasil survei sebelumnya.

Dari paparan tersebut surveior KARS, dr Hardi Yanis SpPD tertarik untuk menelusuri ke lapangan dulu meninjau langsung implementasi layanan mutu yang sudah dilaksanakan di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja. Ruang perawatan rawat inap, poliklinik dan bagian adminstrasi sebagai sasaran utama tinjauan lapangan.

Acara dilanjutkan memeriksa dokumen yang dilaksanakan di ruang rapat Direktur. Satu per satu pokja akreditasi menunjukkan bukti-bukti dokumen yang sudah dilengkapi dan diperbaiki.

Setelah selesai pemeriksaan dilanjutkan dengan arahannya, dr Hardi Yanis menjelaskan kesimpulan dari apa yang menjadi temuan beliau. Beliau juga berpesan untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan terutama implementasinya di lapangan dalam melayani pasien dan masyarakat.

Kegiatan Survey Verifikasi Akreditasi oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebelumnya RSUD Ibnu Sutowo mendapat predikat utama dan belum berhasil meraih predikat paripurna.

Sementara Bupati OKU, H Kuryana Azis mengatakan, Pemkab OKU dan masyarakat luas sudah pasti menyambut baik dan bangga dengan dilaksanakannya Verifikasi Akreditasi versi 2012 yang diaksanakan 4 Desember 2018.

“Syukur Alhamdulilah RSUD dalam penilaian tersebut berjalan lancar. Pemkab OKU tentunya akan memberi dukungan maksimal. Saya berharap apa yang telah dipersiapkan oleh RSUD ini dapat memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh KARS versi tahun 2012, sehingga nantinya mendapat Predikat Paripurna,” katanya.

Selain itu, sebagai upaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Akreditasi dibutuhkan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit. Sekaligus berperan sebagaimana sarana manajemen memperbaiki kinerjanya. Bupati mengaku akan selalu memberikan perhatian dan dukungan guna tercapainya layanan terbaik oleh RSUD Ibnu Sutowo Baturaja. (ags)