Safari Ramadhan Dirut Ulas Pertamina Meraih Berkah dengan Berbagi, Melayani dan Mengedukasi

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com). Pertamina kembali melakukan kegiatan Safari Ramadhan Direksi di Palembang, yang kali ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

“Tahun ini kami hadir dengan tema Hijrah Meraih Berkah, dengan bersyukur dan introspeksi atas hasil capaian kami, menguatkan pengendalian diri, bersinergi antar persero dengan anak perusahaan, antar direktorat dan fungsi, serta dengan masyarakat. Setelah semua itu direfleksikan, kami ingin berbagi dan memberi nilai lebih bagi masyarakat dengan kegiatan employee volunteerism dan kegiatan CSR perusahaan,” kata Nicke, Senin.

Untuk Palembang, ia mengakui capaian kinerja seluruh unit operasi dan anak perusahaan Pertamina sangat baik. Dari sisi pengolahan Refinery Unit III Plaju adalah Green Refinery pertama yang mengolah Crude Palm Oil (CPO) menjadi Green Gasoline dan Green LPG. Dari segi pemasaran, Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan telah melayani masyarakat di empat (4) titik yang ditunjuk sebagai wilayah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) di wilayah Sumbagsel, yakni di Enggano Bengkulu, Lalan Sumsel, Suoh Lampung, dan Musi Rawas Utara Sumsel.

Memanfaatkan momentum Safari Ramadhan 1440 Hijriyah, Nicke berniat ingin memberikan sesuatu yang lebih lagi bagi masyarakat untuk mensyukuri performa dan capaian Pertamina. “Kami menuangkannya dalam tiga (3) program Ramadhan dan Idul Fitri, yakni Berbagi, Melayani, dan Mengedukasi,” jelasnya.

Pertamina ingin berbagi di Bulan Suci Ramadhan mengadakan buka puasa bersama dengan anak yatim dan beberapa pengurus Masjid disekitar wilayah operasi. Selain itu, Nicke bersama Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero), Agus Mashud S. Asngari juga memberikan santunan dan peralatan sekolah bagi anak yatim yang hadir, santunan kepada panti asuhan, dan bantuan pembangunan bagi tiga (3) Masjid dengan total bantuan mencapai Rp300 juta.

Kegiatan berbagi yang sama juga dilakukan General General Manager RU III Plaju, Yosua I. M. Nababan dan General Manager MOR II Sumbagsel, Primarini yang melakukan Safari Ramadhan di wilayah operasionalnya. Selain itu, kegiatan berbagi lainnya juga dilakukan dalam bentuk berbagi takjil di SPBU dan menyiapkan Serambi Pertamax saat arus mudik dan balik di Jalur Lintas Sumatera di wilayah Sumbagsel.

Program kedua Pertamina Melayani adalah memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Mengawal ketahanan energi, tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) RU III Plaju dan MOR II siaga sejak H-15 hingga H+15 Idul Fitri, memastikan operasional kilang, operasional 473 SPBU Reguler, 300 Agen LPG 3 Kg dan 55 Agen LPG NPSO, 13.033 Pangkalan LPG 3 Kg dan 3.910 Pangkalan LPG Siaga 3 Kg, serta tambahan layanan lain seperti 11 titik Kiosk Pertamax, 23 motor kemasan, 2 Mobile Storage BBM, dan BBM Kemasan di 83 titik SPBU.

“Menjaga ketersediaan energi selama Puasa dan Lebaran menjadi amanah luar biasa bagi kami. Bagi teman-teman operasional di unit dan tim Satgas RAFI bahkan bisa melewatkan Hari Raya Idul Fitri dengan keluarganya supaya ketahanan energi terjaga. Namun kami bangga, karena kerja keras kami, masyarakat bisa berkumpul dengan nyaman dan tenang di kampung halamannya masing-masing,” tutur Nicke.

Terakhir, Pertamina juga ingin Mengedukasi dengan membagi dan mengajarkan informasi secara berulang-ulang tentang produk, safety, dan operasional Pertamina lainnya. Dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina berbagi info tentang keamanan LPG, cek kesiapan oli dan BBM mobil, serta sosialisasi peta lokasi SPBU dan fasilitas pola bayar non tunai My Pertamina dan Link Aja bagi masyarakat.

 

Dalam kunjungannya Nicke turut menyampaikan pesan bahwa dengan Berbagi, Melayani, dan Mengedukasi adalah cara Pertamina memberikan manfaat nyata bagi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1440H, dan dengan melakukan tiga hal ini manfaatnya jangka panjangnya juga akan dirasakan oleh Pertamina.

“Tidak ada ruginya. Dengan memberi lebih tentunya akan mendapatkan yang setimpal, yakni kebahagiaan anak yatim yang kami santuni, serta cerita dan pengalaman masyarakat di hari yang Fitri kelak mengapresiasi seluruh kerja keras Pertamina. Pada kesempatan ini saya turut mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, terus semangat menjalankan Ibadah Puasanya, dan mari kita raih kesucian di Idul Fitri,” katanya. (SW)