Sapi Minum di Jalan Berlobang Kawasan Peninjauan

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) –Tak kunjung diperbaikinya ruas jalan provinsi di wilayah Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), membuat kondisi kerusakan jalan di daerah itu semakin parah.

Lobang jalan mulai sekecil lubang golf hingga sebesar kolam ikan, sangat mengganggu kelancaran lalulintas warga. Bahkan rawan menimbulkan kecelakaan.

Dua diantaranya terlihat di Desa Kepayang dan Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan. Lobangnya menganga cukup besar. Bahkan hampir memakan seluruh badan jalan.

Jika turun hujan, jalan berlobang dengan kedalaman yang bervariasi itu seakan berubah menjadi kolam, bahkan kolam itu dijadikan gerombolan sapi untuk tempat minum.

“Sapi disinikan liar, banyak gerombolan sapi numpang minum di jalan berkolam ini,” celetuk Tomi warga Kepayang.

Kondisi jalan macam ini terpapar mulai dari wilayah Lubuk Batang Lama hingga Kecamatan Peninjauan.

Kondisi jalan yang cukup memprihatinkan itu banyak dikeluhkan masyarakat karena sangat mengganggu arus lalu-lintas.

Alhasil, warga merasa kesal karena kondisi kerusakan ruas jalan poros menuju kabupaten tetangga (OI) tersebut terkesan dibiarkan Pemprov Sumsel lebih hampir lima tahun. “Ai Pak, Lah lamo jalan ini rusak, sudah hampir limo tahun,” cetus Ripin, warga Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan.

Selain mengganggu kelancaran lalulintas, kondisi jalan rusak berlobang yang membentuk kolam ini juga mengancam keselamatan pengguna jalan. “Sudah banyak motor yang tebalek,” ungkapnya.

Janji perbaikan yang digaungkan pemprov di awal-awal tahun lalu, dirasa warga hanya sebagai bualan semata. “Kalau jalan yang dicor setahu saya dari Peninjauan ke Kedaton. Kalau disini dak katek,”sambung Ripin.

Pengguna jalan roda empat dan roda dua diharapkan lebih hati-hati saat melintas di ruas jalan tersebut malam hari. Penerangan jalan umum pada ruas jalan tersebut yang masih minim, mengundang bahaya bagi yang melintasinya. (ags)