Satu Indonesia Awards 2019 Jaring Anak Muda lnspiratif di Palembang

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com) – Setelah Pontianak dan Ternate kini giliran Kota Palembang, Sumatera Selatan yang menjadi kota ketiga dilaksanakannya sosialisasi Satu Indonesia Awards 2019 guna menjaring anak muda inspiratif di kota tersebut.

“Pelaksanaan Satu Indonesia Awards merupakan komitmen Astra dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan Indonesia. Kami ingin Satu Indonesia Awards dikenal sebagai program yang dapat memberi harapan dalam memunculkan generasi muda yang pontensial, kreatif dan mampu melakukan perubahan,” kata Deputy Chief 0f Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah pada acara bincang inspiratif Satu Indonesia Awards di Palembang, Jumat.

Program Satu Indonesia Awards adalah pemberian apresiasi untuk generasi muda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Jadi Astra mencari anak muda yang ada di Palembang dan sekitarnya yang mereka punya karya paling tidak satu tahun dan PT Astra Internasional Tbk memberikan hadiah sebesar Rp60 juta serta pembinaan kegiatan kepada masing-masing penerima aspresiasi, jelasnya.

Ia menyatakan, dipilihnya Kota Palembang, karena pihaknya melihat pontensialnya banyak hanya saja mereka bekerja dalam diam, padahal kalau diketahui orang lain justru menginspirasi anak muda lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sehubungan dengan hal itu pula sosialisasi dilakukan di Palembang dan di daerah-daerah, karena pada tahun pertama 120 pesertanya dan tahun lalu sebanyak 5.961 peserta dengan berkeliling ke daerah-daerah. Oleh karena itu pihaknya datang ke Palembang, Sumatera Selatan dengan harapan akan lebih banyak lagi yang mendaftar.

Potensi Palembang sangat besar dalam menghasilkan karya-karya yang menarik tapi sayangnya masih disimpan dan tidak dipublikasikan. Oleh karena itu kita pilih Palembang sebagai kota ketiga untuk kegiatan ini, dengan harapan akan banyak peserta anak muda dari Palembang yang mengikuti kegiatan ini.

Lebih lanjut ia menuturkan, yang sudah mendaftar dalam program ini sekarang sebanyak 7.066 per hari ini secara nasional dan diharapkan sampai per 31 Juli nanti lebih banyak lagi yang mendaftar.

“Kita harapkan pada tahun ini akan banyak peserta yang berasal dari Palembang, karena di sini banyak anak muda yang memiliki ide kreatif. Untuk tahun ini kita harapkan paling tidak 1.000 peserta dari Palembang yang ikut program Satu Indonesia Awards,” ujarnya.

Program Satu Indonesia Awards Astra ini, sudah dilaksanakan sejak 10 tahun lalu yang bertujuan bisa menciptakan generasi muda yang potensial, kreatif dan mampu melakukan perubahan terutama yang sejalan dengan program astra yakni di sektor pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan teknologi.

Pendaftaran Satu Indonesia Awards telah dibuka sejak 11 Maret dan bagi yang ingin ikut dalam program ini masih memiliki kesempatan hingga 31 Juli 2019.

“Saya yakin di luar sana masih banyak anak-anak muda di Indonesia yang berkarya dalam diam dan belum tahu tentang apresiasi ini. Semoga tahun ini kita bisa menemukan mereka lebih banyak lagi,” kata pegiat seni Dian Sastro menyemangati anak muda di Palembang yang hadir pada bincang inspiratif SATU Indonesia Awards. (SW)