Home / Sumsel / OKU Timur / Sejumlah APK Paslon Gubernur di OKU Timur Mulai Ditertibkan

Sejumlah APK Paslon Gubernur di OKU Timur Mulai Ditertibkan

Hits: 42

Sejumlah APK Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang ada di OKU Timur mulai ditertibkan, Jum’at (02/03).

MARTAPURA (fokus-sumsel.com) – Sejumlah alat peraga kampanye (APK) milik pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera selatan yang terpasang dibeberapa ruas titik wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan mulai di tertibkan. Penertiban sejumlah APK itu sendiri dilakukan oleh petugas Satpol PP, Dishub, Polres OKU Timur, Panwaslu, Panwascam dan PPL setempat, Jum’at (02/03).

Penertiban ini di lakukan di beberapa titik ruas wilayah Kecamatan Martapura, seperti sepanjang jalan lintas Desa Tanjung Kemala dan area seputar Pasar Martapura.

Saat dikonfirmasi, Ketua Panwaslu OKU Timur Ahmad Ghufron di dampingi Benny Tenagus dan Agus Purnawan selaku aggota Panwaslu Kabupaten OKU Timur menjelaskan, penertiban spanduk paslon Gubernur dan Wakil Gubernur ini adalah merupakan tindak lanjut dari adanya peraturan PKPU nomor 4 tahun 2017 yang berisikan tentang Kampanye dan Perbawaslu nomor 12 tahun 2017 Pengawasan Kampanye.

“Sebelum penurunan spanduk ini, kita sudah mengirimkan surat rekomendasi terlebih dahulu ke Pol PP, bahkan surat tembusannya kita kirim ke Kejari dan Polres OKU Timur untuk menertibkan spanduk paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang melanggar ketentuan aturan berlaku,” tegas Ghufron.

Di tambahkannya, dalam aturan yang berlaku Alat Peraga Kampanye (APK) paslon Gubernur dan Wakil Gubernur di keluarkan dan di pasang oleh KPU, mulai dari ukuran dan standar spanduk semua KPU yang menentukan hingga titik titik pemasangan.

Selain itu, pihaknya juga sudah berikan surat ke setiap Parpol pengusung Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang ada di OKU Timur untuk lebih menertibkan setiap spanduk yang di pasang. Kendati demikian belum ada tindakan dari para Parpol pengusung, sehingga terpaksa untuk di tertibkan.

“Penertiban ini di lakukan oleh Pol PP OKU Timur di bantu Dishub. Kita dari Panwaslu dan Anggota Polres OKU Timur ikut mendampingi. Penertiban ini akan terus di lakukan secara berlanjut, selagi masih ada Spanduk yang melanggar, maka akan kita rekomendasi kan ke Pol PP untuk di tertib kan,” terangnya.

Terakhir dirinya menghimbau kepada setiap tim paslon dan Parpol pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mematuhi aturan tentang kampanye. Sebab jika masih di temukan pelanggaran terkait APK ini, pihaknya akan segera merekomendasikan untuk di lakukan penertiban.

“Masih ada satu titik spanduk paslon yang belum kita tertibkan, sebab di dekat terpasang nya spanduk itu terdapat kabal Induk PLN yang memiliki tegangan 20.000 kv. Maka kita masih menunggu pemadaman dari PLN terlebih dahulu, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” imbuhnya. (Feb)

About fokusmediaku

Baca Juga

Ops Mantap Praja, Polres OKU Timur Gelar Apel Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018

Hits: 58MARTAPURA (fokus-sumsel.com) – Polres OKU Timur menggelar Apel Gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018 …