Sekretaris Disbudpar Sumsel Hadiri Festival Budaya Nusantara 2022

0
Sekretaris Disbudpar Sumsel, Hj Dr Megawati menghadiri kegiatan Festival Budaya Nusantara tahun 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Usaha UMKM Kreatif, dipusatkan di atrium OPI Mall, Jum'at (12/8). Foto: Susilawati

PALEMBANG – Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Hj Dr Megawati menghadiri kegiatan Festival Budaya Nusantara tahun 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kreatif, dipusatkan di atrium Ogan Permata Indah Mall (OPI Mall), Jum’at (12/8).

Pada kesempatan itu pula dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding seluruh pemangku kepentingan terkait upaya dalam mengembangkan UMKM di Sumsel.

Sekretaris Disbudpar Sumsel Hj Dr Megawati didampingi General Manager OPI Mall Agus Ekawani menegaskan walaupun ini event, tapi merupakan ajang silaturahmi bagi para pelaku UMKM dan kreatif di Sumsel.

“Diketahui bahwa kita baru saja memasuki endemi, pasca Covid-19 dua tahun terakhir. Dimana sektor ekonomi, terutama UMKM sangat berdampak langsung ke pariwisata,” ujarnya.

Menurut dia, sektor pariwisata dan UMKM sangat erat kaitannya, dimana event-event wisata tentu berdampak pada para pelaku UMKM.

Dia menyebutkan masa krisis moneter juga membuktikan bahwa sektor UMKM mampu menjadi penyemangat ekonomi nasional sehingga meningkatkan pertumbuhan hingga 350 persen.

“Banyak usaha skala besar yang kolaps, namun pada saat pandemi Covid-19 ini justru UMKM sendiri menjadi sektor yang paling besar merasakan dampaknya,” ungkapnya.

Selama pandemi, pelaku UMKM memanfaatkan teknologi sebagai ajang promosi atau berjualan. “Pandemi Covid-19 justru menguntungkan pelaku UMKM karena memanfaatkan jualan secara online,” terangnya.

Sementara itu, General Manager OPI Mall Agus Ekawani mengucapkan banyak terima kasih kepada tamu undangan yang telah berkenan hadir didalam acara festival budaya nusantara 2022. Event ini adalah event yang kesekian kali ditahun 2022 ini.

“Kami sengaja ingin menyelenggarakan kegiatan ini berbeda, dengan mengkolaborasikan hal-hal bersifat etnik, baik itu kerajinan tangan, kuliner dan lainnya,” jelasnya.

Dia melanjutkan tujuan kegiatan ini semata-mata untuk memajukan dunia ekonomi kreatif di Sumsel. “Kami pengelola sudah mempunyai kalender event, jadi OPI Mall ini punya kalender tahunan, dan event ini adalah setiap Agustus,” jelasnya. (sus)