Sembilan Peserta UKW di OKU Dinyatakan Belum Berkompeten

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) selama dua hari (5-6 Oktober) berlangsung lancar dan sukses.

UKW angkatan ke 20 di Sumsel yang digelar di Bukit Indah Lestari (BIL) Hotel Baturaja itu resmi ditutup Sabtu (6/10) oleh Staf Ahli Bupati Ir Iskandar Zulkarnain, bersamaan dengan pelantikan pengurus PWI OKU periode 2018 – 2021.

Raut kelegaan setelah lepas dari lelah mencurahkan pikiran dan ide, terpancar dari wajah 30 peserta UKW.

Selain mengaku banyak mendapat ilmu selama mengikuti ujian tersebut, tak sedikit dari peserta yang juga mengaku stres, hingga lupa makan.

Seperti halnya dituturkan H Aris Susilo, salah satu peserta UKW Kelas Utama. Menurutnya, meskipun UKW hanya digelar dua hari, tetapi tingginya tekanan membuat waktu singkat tersebut seolah sama dengan dua bulan.

“Luar biasa stres. Dua hari sama seperti dua bulan. Bahkan ada yang lupa makan. Bayangkan saja, hanya dengan waktu singkat kami dituntut untuk mampu menyelesaikan tugas yang diberikan penguji,” kata GM Harian Lahat Pos itu.

Meski demikian, ia pun mengaku bangga. Sebab, UKW yang digelar selama dua hari itu, dinilai mampu meng-upgrade kapasitas mereka sebagai pelaku jurnalistik.

“Ya, kami bangga. Selama dua hari ini bisa mengukur kemampuan kami sebagai wartawan. Terima kasih pada PWI OKU yang menggagas kegiatan ini untuk menguji kompetensi kami,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel yang diwakili Sekretarisnya, H Firdaus Komar, dalam laporannya meminta peserta yang belum kompeten tidak berkecil hati, sebab masih ada kesempatan untuk mengulang.

“Yang belum kompeten, bukan berarti tidak mampu. Jangan kecil hati. Hanya ada nilai yang tidak terpenuhi. Karena harus rata-rata semua. Yang sudah kompeten, jangan menyombongkan diri,” ingatnya.

Diketahui, dari 30 peserta UKW ke 20 di Sumsel, sembilan orang diantaranya dinyatakan belum kompeten. 30 peserta itu dibagi lima kelas. Dua kelas jenjang Utama dan tiga kelas Jenjang Muda.

Sementara itu usai menyelenggarakan UKW, pengurus PWI Sumsel langsung melantik pengurus PWI OKU periode 2018-2021. Dan seperti yang diketahui GM OKU Timur Pos, Purwadi secara aklamasi terpilih lagi untuk memimpin organisasi wartawan tertua di Indonesia itu untuk tiga tahun kedepan. (ags)