Home / Pendidikan / SMPN 2 Sekayu Larang Siswanya Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah

SMPN 2 Sekayu Larang Siswanya Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah

Hits: 29

SEKAYU (fokus-sumsel.com) – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sekayu melarang siswanya untuk mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah.

“Larangan itu dilakukan untuk menjaga keselamatan anak didik saat berangkat ke sekolah dan sekaligus mendidiknya agar tidak membawa kendaraan bermotor sebelum memiliki surat izin mengemudi (SIM),” jelas Hj Marwiyah SPd MPd, Kepala SMPN 2 Sekayu, Rabu (31/1).

Ia menerangkan, pihak sekolah tidak menyediakan parkir kendaraan bagi siswa yang masih di bawah umur tersebut.

“Kami tidak memperbolehkan dan tidak menyediakan lapangan parkir bagi kendaraan bermotor pribadi para siswa. Jika ada siswa yang melanggar, akan kami sampaikan kepada orang tua yang bersangkutan,” bebernya.

Lanjutnya, pihak sekolah menyarankan agar orang tua murid untuk bisa mengantar dan menjemput anak-anaknya ke dan dari sekolah, sehingga dapat menjamin keselamatan siswa sampai dan pulang dari sekolah.

Namun, permasalahan yang dihadapi saat ini, banyak orang tua siswa yang sibuk sehingga tidak bisa mengantarkannya ke sekolah, sehingga ada siswa memanfaatkan untuk memarkir kendaraan di sekitar sekolah.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Musi Banyuasin (Muba) AKBP Rahmat Hakim, SIk melalui Kasatlantas Muba AKP Rio Artha Luwih SH SIk sangat melarang anak di bawah umur atau yang belum memiliki SIM membawa kendaraan pribadi ke sekolah karena akan membahayakan keselamatannya.

“Kami sudah bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk melarang anak didiknya menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, jika siswa tidak memiliki SIM membawa kendaraan pribadi akan sangat membahayakan dirinya dan para pengguna jalan lainnya.

“Dengan adanya aturan tegas dari sekolah dan kepolisian akan melindungi siswa serta mengurangi potensi adanya kecelakaan lalulintas,” pungkasnya. (wan/CS)

About fokusmediaku

Baca Juga

Kerjakan UNBK di Tempat Tidur, Sekda OKU Rekomendasikan Sandi Masuk SMN5

Hits: 200 BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Sendi Tiara (15), siswi SMP N 09 Tanjung Kemala, Kabupaten …