Soal PAW Sodri, KPU Masih Tunggu Surat dari DPRD OKI

0
Ketua KPU OKI, Deri Siswandi. Foto: Febri Saleh

KAYUAGUNG – Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten OKI atas nama Sodri dari PKB yang meninggal dunia beberapa bulan yang lalu hingga saat ini belum bisa diproses oleh KPU OKI.

Ketua KPU Kabupaten OKI, Deri Siswandi menyebutkan pihaknya belum bisa memverifikasi atau merilis nama calon PAW sebelum ada surat resmi secara tertulis dari DPRD Kabupaten OKI.

Hal tersebut diungkapkan Deri saat dibincangi di ruang kerjanya didampingi Komisioner KPU OKI, Amrulah dan Kholik kepada wartawan, Selasa (10/5).

“Secara mekanisme aturan yang ada terkait PAW, partai mengajukan surat permohonan kepada DPRD OKI untuk segera memproses mekanisme PAW dalam hal ini PKB dan selanjutnya DPRD OKI melalui keputusan rapat melayangkan surat permohonan ke KPU OKI untuk memverifikasi calon PAW dari partai PKB ini,” kata dia.

Kemudian KPU OKI dalam melakukan verifikasi penetapan calon PAW tentu ada tahapan dan aturan yang harus dipahami sebelum ditetapkan. “Harus kita cermati, secara administrasi siapa yang layak dicalonkan sebagai PAW, sebagai salah satu contoh aturan secara administrasi adalah suara terbanyak kedua setelah almarhum Sodri,” terangnya.

Tambah dia, penetapan PAW inipun tidak segampang membalikkan telapak tangan ada mekanisme administrasi lain yang harus didalami terlebih dahulu.

“Misalnya secara administrasi apakah calon yang akan kita tetapkan ini masih sebagai anggota PKB. Ini perlu pembuktian dan pengakuan secara administrasi dari partai. Memang agak panjang prosesnya. Yang jelas secara mekanisme aturan ada tahapan-tahapan secara administrasi yang harus dilengkapi, harus dijalani dan harus betul-betul teliti. Ketika itu sudah tidak ada lagi yang diragukan, maka barulah KPU menetapkan dan mengusulkan nama calon PAW yang akan dilantik,” ungkap Deri.