Soal Rumah Adat, Ini Jawaban Pihak Dinas Pariwisata

0
Bangunan Rumah adat yang hingga kini belum di fungsikan.
Bangunan Rumah adat yang hingga kini belum di fungsikan.

MUARADUA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKU Selatan menyebutkan belum bisa difungsikan dan dimanfaatkannya bangunan Rumah Adat Kabupaten yang terletak di Samping Kantor KNPI OKU Selatan komplek Perkantoran Pemkab hingga saat ini belum difungsikan.

Hal ini dikarenakan belum adanya serah terima dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) ke pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan.

Selain itu belum difungsikannya bangunan Rumah Adat Kabupaten ini juga dikarenakan akan adanya pengerjaan lanjutan kembali yaitu pembangunan beberapa item pendukung keberadaan rumah adat seperti pemasangan paving blok di lapangan area parkir, juga pembangunan pagar sekaligus kamar mandi yang akan dikerjakan pada tahun ini.

Pernyataan ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten OKU Selatan, Darmawan SE melalui Kepala Bidang Kebudayaan Jonison, Rabu (20/2).

Dijelaskan oleh Jonison, setelah adanya serah terima ke pihak nya maka untuk sarana isi kelengkapan rumah adat seperti barang-barang yang berhubungan dengan seni budaya serta adat yang ada di daerah ini kedepan akan diupayakan terpenuhi.

Sementara itu terkait akan adanya pembangunan lanjutan di lokasi Rumah Adat Kabupaten OKU Selatan ini juga dibenarkan Oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapedda) OKU Selatan, Natalion melalui salah satu Kepala Bidangnya, Ardyan Fikri.

“Di tahun 2019 ini kembali dianggarkan untuk pembangunan lanjutan berupa Pagar dan pemasangan Paving Blok di lokasi parkir rumah adat,” ungkap Fikri. (den)