Spesialis Curanmor Keok Dipelor Petugas

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Gara-gara melawan saat akan ditangkap, bandit spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kabupaten OKU akhirnya tersungkur ke tanah setelah sebutir timah panas petugas bersarang di kakinya.

Pelaku adalah Puji Manto (27) warga Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU. Yang bersangkutan ditangkap karena diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor (curanmor).

Kapolres OKU, AKBP NK Widayan Sulandari melalui Kasat Reskrim, AKP Alex Andrian SKom, Senin (18/2) menjelaskan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan korban ke pihak polisi pada 2 Februari 2019 lalu. Korban atas nama Amsahri (27) warga Lengkiti.

“Waktu kejadian Sabtu 02 Februari 2019 sekitar pukul 02.00 Wib. Tempat kejadian perkara (TKP) di Desa Bumi Kawa Kec. Lengkiti Kab. OKU,” kata Kasat.

Adapun kronologis kejadian kata Kasat, pada saat itu korban pergi dari rumahnya ke acara hiburan Orgen Tunggal di Desa Bumi Kawa Kec. Lengkiti Kab. OKU. Selanjutnya korban memarkirkan kendaraannya tersebut. “Pada saat korban mau pulang ke rumahnya, motor tersebut tidak ada lagi di tempat,” katanya.

Adapun cara pelaku mencuri sepeda motor korban tersebut adalah dengan merusak kunci kontak menggunakan kunci Letter T dan mendorong motor tersebut kebelakang rumah pelaku Puji. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp3.500.000.

Selanjutnya korban melapor ke Mapolres OKU dan berbekal laporan Amsahri kata Kasat, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku pada Jumat (15/2) sekitar pukul 17.00 Wib.

“Anggota tim resmob regu 1 dipimpin Katim Resmob Polres OKU mendapat informasi bahwa pelaku sedang berada di Desa Karang Endah tepatnya di jembatan besar Karang Endah. Selanjutnya Tim Resmob meluncur ke tempat pelaku,” beber Kasat.

Melihat kedatangan petugas lanjut Kasat, pelaku berusaha melarikan diri dan sempat mengeluarkan senjata tajam jenis pisau untuk melukai petugas.

Tak ingin anggotanya terluka Kasat langsung memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali. Namun bukannya nyalinya ciut, pelaku justru semakin kalap.

“Akhirnya kamipun terpaksa menembak kaki tersangka untuk melumpuhkannya. Selanjutnya pelaku di bawa ke rumah sakit guna diberikan perawatan medis dan pelaku dibawa ke Polres OKU guna penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Selain tersangka ungkap Kasat, pihaknya juga berhasil mengamankan, satu unit sepeda motor APP KTM warna Hitam, satu Lembar STNK sepeda motor APP KTM warna Hitam, satu Buah Buku BPKB sepeda motor APP KTM. Kemudian satu bilah senjata tajam jenis pisau bergagang kayu warna coklat dengan panjang 15 Cm bersarungkan kertas warna putih. “Atas perbuatanya tersangka dikenakan pasal 363 KUHP,” tandas Kasat. (ags)