Spesialis Pencuri Rumah Kosong Nyaris Dimassa Warga

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Andriansyah alias Oga (31) nyaris dihakimi warga Desa Peninjauan, Kabupaten OKU, lantaran diduga melakukan pencurian di rumah kosong di Dusun II, Minggu (31/3).

Namun terduga pelaku kepergok warga saat melancarkan aksinya. Warga dibuat tambah kesal setelah pelaku yang tinggal di Desa Lubuk Rukam, Kecamatan Peninjauan ini mengancam warga dengan sebilah pisau.

Pelaku saat melancarkan aksinya tepergok salah satu warga yang curiga dan langsung menghampiri pelaku. Lantaran aksinya kepergok, pelaku sempat membantah dan mengancam warga dengan sebilah pisau lalu mencoba kabur dengan melompat ke aliran Sungai Ogan.

Warga yang menyadari hal itu kemudian berdatangan dan mengepung pelaku, tak lama berselang puluhan warga berhasil mengamankan pelaku dan nyaris memukulinya.

Beruntung aparat desa setempat langsung mengamankan tersangka dan menghubungi polsek setempat, sehingga nyawa Oga bisa diselamatkan dari amukan massa.

“Benar kami sudah mengamankan terduga pelaku pencurian di salah satu rumah warga. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan. Dari tangan pelaku diamankan obeng, penutup mulut dan sepeda motor. Untuk barang bukti yang hilang uang Rp3 juta,” ucap Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Peninjauan, Iptu Hamid SH, saat dikonfirmasi Senin (1/4).

Terpisah Kepala Desa Peninjauan, Nopi Taruna mengaku, jika aksi pencurian di wilayahnya sudah sangat sering terjadi. Warga selama ini sangat kesal dan menduga pelaku orang yang tahu kondisi desa.

“Kalau warga kehilangan benda berharga sudah sangat sering, kita tidak tahu pelakuknya siapa. Dan ini kita amankan mencuri di rumah warga. Saat ditangkap pelaku sempat melawan serta mencoba kabur dengan terjun ke Sungai Ogan,” terang Nopi. (ags)