Stasiun KA Baturaja Perketat Prokes Jelang Mudik Lebaran

0
Tampak salah satu penumpang KA di Stasiun Baturaja saat sedang menunggu giliran untuk rapid tes antigen di gerai yang telah disiapkan, Sabtu (23/4). Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Stasiun Kereta Api (KA) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memperketat aturan protokol kesehatan (prokes) bagi setiap calon penumpang menjelang mudik perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Menjelang Lebaran tahun ini prokes lebih diperketat lagi untuk mencegah penularan COVID-19,” tegas Kepala Stasiun Baturaja, Abdullah, Sabtu (23/4/2022).

Pengetatan protokol kesehatan tersebut mulai dari mewajibkan setiap penumpang memakai masker, menyiapkan sarana mencuci tangan di setiap pintu masuk stasiun dan pemeriksaan suhu tubuh.

Kemudian lanjut Abdullah, pihaknya juga menyediakan gerai rapid tes antigen untuk mempermudah pemeriksaan calon penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api sebagai syarat perjalanan di masa pandemi.

Fasilitas pelayanan ini disipakan untuk melayani pemeriksaan kesehatan bagi setiap calon penumpang dengan tarif relatif lebih murah yaitu Rp35.000 per orang.

“Rapid antigen merupakan syarat wajib bagi penumpang KA, baik tujuan Baturaja-Palembang maupun Baturaja-Tanjung Karang yang belum divaksin lengkap,” ujarnya.

Terkait pemesanan tiket KA, kata dia, saat ini mengalami peningkatan lebih dari 100 tiket sudah terjual hingga keberangkatan pada 29-30 April 2022.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI mengoperasikan 500 kapasitas tempat duduk penumpang yang sudah dapat dipesan sejak satu bulan sebelum keberangkatan.

“Saat ini pemesanan tiket paling banyak dari Baturaja tujuan Palembang sebanyak lebih dari 100 tiket terjual,” ujarnya. (kie)