Stok APD di Muara Enim Aman Hingga Sebulan Kedepan

0
Asisten II Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Drs Amrullah Jamaludin saat memimpin rapat terkait kesiapan logistik guna penanganan Covid-19.

MUARA ENIM – Stok Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di Kabupaten Muara Enim dijamin aman untuk memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19 sebulan kedepan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, Vivi Mariani, saat rapat koordinasi dan evaluasi bidang logistik Covid-19 Muara Enim, Selasa (28/04).

Rapat itu sendiri dipimpin langsung Asisten II Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Drs Amrullah Jamaludin, selaku Kepala Bidang Logistik Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Muara Enim.

Sementara di bidang logistik lainnya, Amrullah meminta agar seluruh instansi terkait menyiapkan potensi sumberdaya dan alat kesehatan, mobilisasi dan menyelenggaralan sumberdaya dan menyediakan logistik peralatan darurat seperti dapur umum.

Amrullah mengatakan, hasil rapat ini diminta semua yang terkait agar melakukan administrasi komisariat yang teratur dan baik. “Bila PT Ghemmi membantu 1 hingga 2 ton disinfektan, maka saya minta penggunaannya langsung ke posko desa/kelurahan, sementata bantuan berupa uang tunai yang transfer ke kas daerah agar dimasukkan kedalam usulan belanja tak terduga,” tegasnya.

Sementara bantuan berupa 4 ribu telur di Posko Covid-19 Muara Enim beberapa waktu lalu akan dijadikan ekstra fooding untuk tenaga medis dan petugas yang ada di posko saat dinas malam.

“Kemudian administrasi pengadaan hibah harus sesuai dengan aturan dan dilaporkan ke pihak berwenang serta pendampingan dari aparat pengawasan intern pemerintahan. Dan bila ada bantuan dari pihak ketiga laporkan ke bidang logistik untuk menjadi bahan laporan ke KPK dan penegak hukum lainnya,” ungkap Asisten II.

Ditambahkan Panca, bahwasanya stok logistik yang ada di Posko harus dilaporkan dengan baik maksudnya, logistik yang masuk dan keluar harus tercatat serta yang tersisa harus tercatat di gudang. Hal ini untuk menjadi langkah kedepan terkait bagaimana langkah pengadaan APD. (bel)