Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilkada Mencapai 77,5 Persen

0
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.

BATURAJA- KPU Kabupaten OKU tidak muluk-muluk menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020, yakni mencapai 77,5 persen dari jumlah mata pilih yang ada.

“Sebelum adanya pandemi corona, kita menargetkan partisipasi pemilih saat pilkada mencapau 81 persen. Namun saat ini targetnya kita turunkan menjadi 77,5 persen saja,” kata Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, saat dibincangi, Selasa (23/06).

Naning menjelaskan, pihaknya sendiri untuk melaksanakan pilkada ditengah pandemi corona ini sudah berkoordinasi dengan Partai Politik di Kabupaten OKU dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tahapan Lanjutan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati OKU Tahun 2020 beberapa hari lalu.

Rakor ini bertujuan untuk melaksanakan tahapan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Salah satunya tidak mengumpulkan banyak orang. “Ini metode baru yang belum pernah kita temukan,” ucapnya.

Dikemukakan Naning, pada saat pendaftaran Cabup-Cawabup pada 4-6 September 2020, pendukung bakal calon tidak boleh datang secara beramai-ramai. “Kalau mendaftar ke KPU, biasanya Paslon diiringi massa. Nanti dibatasi. Saat pendaftaran paling banyak 4 orang. Yakni Paslon itu sendiri, Ketua dan Sekretaris tim kampanye,” tegas Naning.

Pelaksanaan kampanye tidak bisa mengumpulkan orang banyak. KPU OKU melaksanakan sosialisasi juga tidak bisa mengumpulkan orang banyak. Apalagi saat launching Pilkada nanti. Agenda debat kandidat ataupun paparan visi dan misi. Tidak akan ada penonton.

Hanya KPU, dan panelis sebagai penanya saja yang akan ada di dalam studio. “Kita semua disini adalah pelaku sejarah yang melaksanakan Pilkada di tengah Pandemi,” tukas Naning.

Naning berharap, meskipun pelaksanaan Pilkada dengan mengedepankan protokol kesehatan ini baru pertama kali dilakukan, namun pihaknya optimis Pilkada OKU bisa berjalan aman dan lancar. (kie)