Tensi Pemilihan Anggota BPD Berlangsung Hangat

0
Para calon BPD duduk bejejer pada saat pemilihan berlangsung.
Para calon BPD duduk bejejer pada saat pemilihan berlangsung.

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Bertempat di dusun I, 2 dan 6, ratusan warga desa Damarpura Kecamatan Buana Pemaca kemarin melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) secara langsung.

Suasana hangat serta tarik menarik dukungan suara dari masyarakat kepada para kandidat calon cukup terasa baik pra ataupun saat pelaksanan pemilihan anggota BPD berlangsung.

Untuk diketahui terdapat 12 calon saat pemilihan anggota BPD Desa Damarpura yang terbagi dalam tiga dusun yaitu dusun 1, 2 dan 6.

Untuk di dusun 1 terdapat dua calon anggota BPD yang memperebutkan suara masyarakat yang ada di dusun tersebut, kemudian didusun 2 ada lima calon dan untuk di dusun 6 juga ada lima calon anggota BPD pada pemilihan yang dilaksanakan. Jika di total maka ada 12 calon anggota yang bersaing untuk menjadi anggota BPD Desa Damarpura guna menjabat anggota BPD enam tahun kedepan.

Hangatnya pemilihan anggota BPD di Desa Damarpura baik sebelum atau saat pelaksaan pemilihan ini sendiri terpantau langsung oleh fokus sumsel di desa yang melaksanakan pemilihan anggota BPD langsung oleh masyarakat tersebut.

Menurut pengamatan fokus sumsel selain sebagian besar kandidat calon rata rata masih memiliki keterkaitan keluarga satu sama lain, beberapa dari calon anggota BPD yang ada serta ikut bersaing sebelumnya juga merupakan anggota BPD terpilih berdasarkan hasil musyawarah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Damarpura bersama panitia pemilihan, sebelum dibatalkan oleh Pemerintah Kabupaten melalui pihak Kecamatan Buana Pemaca karena adanya protes dari puluhan warga yang menganggap pemilihan tersebut tidak melalui proses demokrasi atau dari hasil pemilihan langsung oleh warga atau masyarakat yang ada di desa Damarpura.

Selain itu dari semua kandidat calon BPD, ditempat kediaman atau rumah masing masing calin juga menyediakan sajian makanan prasmanan untuk disiapkan bagi setiap tamu atau keluarga yang datang, terkhusus bagi calon pemilih yang ada di dusun tempat dilaksanakannya pemilihan, layaknya acara pemilihan seorang Kepala Desa.

Camat Kecamatan Buana Pemaca, Khairil Anwar SH menyebutkan untuk pemilihan anggota BPD Desa Damarpura selain berjalan lancar, aman serta demokratis, dirinya juga berpesan agar pasca pemilihan semua warga dapat bisa kembali bersatu untuk bersama-sama membangun desa Damarpura agar semakin baik kedepannya.

Hal ini disampaikan Camat, di salah satu lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan anggota BPD yang ada di desa sebelum pemilihan Anggota BPD dimulai. (den)