Terapkan Sistem Pembayaran Pajak Berbasis Online

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Memberikan layanan maksimal untuk masyarakat yang hendak membayar pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Bapeda), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tahun 2019 ini memberlaku sistem pembayaran pajak berbasis online.

Kepala Bapenda OKU, Drs Oktorianis melalui Sekertaris Bapeda, Zahrun SE saat dibincangi Rabu (16/1), menjelaskan, sistem pembayaran pajak online ini diterapkan sejak pertengahan Desember lalu untuk mempermudah dan memaksimal penyerapan pajak.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sudah melakukan pelayanan pajak secara online untuk 9 jenis pajak dari 11 jenis pajak yang ada.

“Dari 11 jenis pajak yang ada, baru 9 jenis pajak yang bisa dilayani secara online, sedangkan 2 lagi masih menunggu aplikasi baru untuk dapat dilayani. Terget kami pada 2020 nanti semua jenis pajak dapat dilakukan secara online yakni e-pajak,” terang Zahrun.

Sembilan jenis pajak yang dapat dilayani secara online antara lain, pembayaran pajak hotel, pajak restoran, reklame, penerangan jalan, minerba, parkir, air tanah, sarang walat dan pajak tempat hiburan.

Ia menambahkan, pelayanan pajak satu pintu berbasis online ini dilakukan dengan bekerjasama pihak Bank Sumsel Babel. Nantinya masyarakat dapat langsung melakukan setoran atau pembayaran pajak dilayanan satu pintu ditempat, mengingat pihak Bank Sumsel Babel menempatkan beberpa stafnya untuk berada di layanan pajak satu pintu Bapenda OKU.

“Dengan adanya pelayanan satu pintu ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan memberikan pelayanan maksimal,” kata Zahrun. (ags)