Terkena Patahan Besi Jembatan, Perahu Bermotor Tenggelam

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Sebuah perahu bermotor milik Johan (38) warga Desa Cintajaya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI, tenggelam di Sungai Babatan Pedamaran setelah terkena patahan besi jembatan penghubung antara Desa Cintajaya dengan Desa Pedamaran ll, Minggu (23/9) sore sekitar pukul 17.12 Wib.

Johan yang kesehariannya antar jemput penumpang untuk menyebrang sungai atau nambangi, saat itu tengah mengangkut dua orang bocah penumpang yang berumur sekitar 9 tahun hendak menyebrang dari Desa Cintajaya menuju Desa Pedamaran ll.

Setiba di tempat kejadian, perahu bermotor yang dikemudikan oleh Johan tiba-tiba terkena besi patahan tiang jembatan yang ambruk dikarenakan banjir besar tahun lalu. Akibatnya, dengan seketika perahu yang dikemudikan Johan pun bocor (rusak parah) dan langsung tenggelam.

Saat dimintai keterangan, Senin (24/9), Johan menuturkan, kejadian berawal saat dirinya ingin menggangkut dua penumpang hendak menyebrang ke Desa Pedamaran ll.

“Saya hendak menyebrang mengantar penumpang, tiba dilokasi jembatan perahunya saya oleng dan bocor lalu tenggelam. Ternyata terkena besi jembatan yang tak terlihat karena kondisinya berada di dasar sungai,” jelasnya.

Seketika ia berteriak, beberapa perahu yang juga ngantre di sungai dan dibantu warga langsung membantu menyelamatkan dirinya bersama dua bocah penumpang, hingga bisa selamat dan perahu milik Johan pun ditarik ke tepi sungai.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun perahu milik Johan kondisinya rusak parah dan untuk sementara Johan tidak bisa melakukan pencahariannya seperti biasa (nambangi).

Dari kejadian ini, masyarakat yang melakukan aktivitas di sungai meminta agar instansi terkait khususnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat agar kiranya segera membuang sisa patahan besi tiang jembatan tersebut dari dalam sungai sehingga tidak terjadi lagi hal seperti ini dan aktivitas angkutan sungai menjadi nyaman. (febri)