Tes Penerimaan ASN di OKU Dipindahkan ke Kantor BKN Palembang

0
Ilustrasi
Ilustrasi

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Tes penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2018 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), akhirnya diputuskan pindah ke BKN Regional masing-masing.

“Untuk penerimaan calon ASN OKU 2018 terpaksa dilaksanakan di BKN Regional 7 Palembang, mengingat daerah belum bisa menyiapkan perangkat, seperti komputer bersama server yang punya aplikasi khusus, sebab kebutuhan dana membeli perangkat ini sedikitnya Rp4 miliar,” jelas Bupati OKU Drs H Kuryana Azis didampingi Asiten III Bidang Administrasi Kepegawaian dan Keuangan, Suharmasto, Rabu (24/10).

Persoalannya kata Kuryana, bukan cukup dengan alat komputer saja, tapi ada server yang menggunakan aplikasi khusus harus didatangkan, kalau cuma sistem online secara umum, peserta bisa melakukan tes CPNS di rumah atau di warnet.

Namun Kuryana berjanji, jika ada penerimaan CPNS 2019, OKU sudah menyiapkan seluruh perangkat yang dibutuhkan. “Tahun depan seluruhnya kita beli, nanti pelamar tidak lagi susah harus ke palembang terbebani ongkos jalan, menginap dan lain-lain, semua akan kita siapkan,” kata Kuryana.

Sementara ditambahkannya, dari jumlah 3.693 pelamar CPNS yang lulus seleksi administrasi, 715 pelamar di antaranya harus gugur.

“Penyebab gugurnya peserta ini bukan seluruhnya karena kesalahan administarsi, tapi kelemahan peserta dalam penggunaan sistem komputerisasi,” tambah Suharmasto. (ags)