Tiga Kades di OKUS Mengundurkan Diri

0
Zainal Aripin SE, Kasi Penataan Desa Dinas PMPD.
Zainal Aripin SE, Kasi Penataan Desa Dinas PMPD.

 

MUARADUA – Sedikitnya tiga orang Kepala Desa (Kades) di kabupaten OKU Selatan beberapa waktu lalu mengundurkan diri dari jabatanya karena ikut mencalonkan diri sebagai calon Anggota DPRD OKU Selatan perioe 2019-2024.

Adapun ketiga Kades yang mengundurkan diri tersebut yakni Kepala Desa Kota Batu Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kepala Desa Tebat Gabus Kecamatan Kisam Tinggi serta Kepala Desa Bandar Kecamatan Buana Pemaca.

Terkait hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) menegaskan bahwa tiga Jabatan Kepala Desa yang mengundurkan diri tersebut kini telah terisi setelah dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Penegasan ini sendiri sebagaimana yang diungkapkan Kepala PMPD OKU Selatan, Juproni, S Pd I MM seperti yang disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penataan Desa, Zainal Aripin SE, Senin (4/3).

Dikatakan oleh pelaksanaan PAW Kepala Desa tersebut memang telah dilakukan secara bertahap beberapa waktu lalu.

Selain dari ketiga Kades yang mengundurkan diri dikarenakan ikut mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD OKU Selatan, juga terdapat satu Kades yang dilakukan PAW yakni Desa Tenang Kecamatan Kisam Tinggi.

Untuk jabatan ini, ucapnya Kepala Desa Tenang di PAW mengingat yang bersangkutan sebelumnya sudah diberhentikan dengan cara tidak hormat.

“Kades yang lama diberhentikan oleh Pemerintah Kabupaten pada beberapa waktu silam lantaran tersandung masalah. Kades tersebut terlibat masalah yang tidak bisa di tolerir sehingga diberhentikan,” ujarnya.

Kedepan tepatnya pada tahun 2019 mendatang, ujarnya Pemerintah kabupaten OKU Selatan rencananya akan menggelar Pilkades secara serentak yang akan diikuti sekitar 90 an desa yang tersebar di wilayah kabupaten OKU Selatan. (den)