Tiga Pelaku Curanmor Diciduk Saat Mau Peras Korbannya

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Tiga dari empat pelaku curanmor dibekuk anggota Unit Reskrim Polsek Ulu Ogan. Ketiga pelaku yakni, Putra Caniago (19) warga Desa Ulak Lebar (Ulu Ogan), Trimo (30), warga Desa Sukajadi (Ulu Ogan) dan M Eko Wasini (19) warga Desa Sukajadi (Ulu Ogan), sementara satu rekannya lagi berinisial P masih buron.

“Pelaku ditangkap berikut barang bukti (BB) satu sepeda motor RX King dengan nopol BE 5024 LW milik korban,” terang Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari didampingi Kasatres, AKP Alex Andrian, dan Kapolsek Ulu Ogan IPDA Eddi Hernata, Kamis (22/11). Kejadian curanmor pada Sabtu (17/11) sekitar pukul 02.00 Wib di kediaman Ade di Dusun III Desa Ulak Lebar. Korbannya Suryono tercatat sebagai warga Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur.

“Korban saat kejadian sedang menginap di rumah temannya, Ade dan memarkirkan motornya di halaman rumah saksi,” beber Kasat.

Sebelum beraksi para pelaku pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wib berkumpul di rumah P di Desa Gunung Tiga. Pelaku berencana melakukan pencurian sepeda motor di Desa Ulak Lebar. Pada Rabu (14/11) sekitar pukul 02.30 Wib ke 4 pelaku pergi ke Desa Ulak Lebar dengan berjalan kaki.

Setelah sampai di depan rumah Ade, Putra dan P masuk kedalam halaman rumah Ade. Keduanya mengambil sepeda motor yang terparkir. Tri dan Eko mengawasi keadaan di sekitar rumah.

Lalu sepeda motor dibawa ke arah Simpang Gemuhak Desa Gunung Tiga. Sepeda motor lalu dihidupkan oleh Putra dan P, kemudian disembunyikan ke dalam kebun.

Ternyata berdasarkan keterangan saksi korban, beberapa hari setelah sepeda motor hilang, pelaku Eko Cs memberitahukan korban bahwa motornya ada pada mereka dan akan dikembalikan kalau diberi uang Rp3 juta. Namun korban hanya sanggup menebus dengan harga Rp1 juta.

Setelah sepekat dengan uang tebusan itu kedua belah pihak berjanji akan bertemu. Tetapi sebelum bertemu dengan para tersangka, korban langsung melaporkan ulah Eko Cs ke Polsek Ulu Ogan.

Usai mendapat laporan itu, pada Sabtu (17/11) malam, polisi langsung mendatangi rumah ketiga tersangka dan berhasil meringkusnya. Namun tersangka berinisial P berhasil melarikan diri.

Selanjutnya setelah diintrogasi, ketiga tersangka menunjukan lokasi menyembunyikan sepeda motor korban, yakni di kebun yang berada di Talang Gemuhak Desa Gunung Tiga berjarak sekitar 3 jam perjalanan.

Pelaku Eko sendiri kata Kapolres, pernah menjalani hukuman di Rutan Baturaja selama beberapa tahun karena terlibat kasus curanmor dan baru bebas dua bulan lalu. (ags)