Tongkang Vs Perahu Ketek, 1 Penumpang Meninggal Dunia

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Sebuah tongkang berisikan potongan kayu Akasia ditarik kapal boat mengalami tabrakan dengan perahu ketek di Perairan Sungai Baung, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (23/3) siang.

Akibatnya, satu orang korban Solbiah (65) meninggal dunia karena tercebur kedalam sungai, sedangkan suaminya M Yasin (78), warga Desa Tirtoharjo Jembatan 7 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin terlihat shock atas kejadian tersebut.

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasatpolair Polres OKI, AKP Suprawira, saat dikonfirmasi, Minggu (24/3), mengatakan, peristiwa naas terjadi sekitar pukul 13.10 WIB di Perairan Sungai Baung Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), saat Kapal (TB) HSM 01 akan menyandarkan tongkang merk SOL ke dermaga.

“Saat posisi olah gerak kapal mengarahkan tongkang berisi kayu Akasia yang ditariknya, lalu melintaslah perahu sungai tanpa merk yang ditumpangi dua orang, yaitu M Yasin dan Salbiah, di dekat tongkang bermuatan kayu Akasia. Kemudian terjadi tubrukan hingga perahu dikendarai kedua orang tersebut nyaris tenggelam,” katanya.

Akibat kejadian itu, lanjutnya, selain perahu alami kerusakan, Salbiah juga sempat terjatuh ke sungai, tetapi cepat diselamatkan oleh Satpolair Polres OKI dan dibawa ke pinggir sungai. Namun nasib berkata lain, Salbiah dinyatakan meninggal dunia usai dibawa Satpolair Polres OKI ke klinik PT OKI Pulp and Paper Mills.

“Tak hanya menolong korban, kita juga mengamankan kapal boat dan tongkang berikut crewnya untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, karena korban dan keluarganya merupakan warga setempat. Selanjutnya, kita akan lakukan pemanggilan terhadap pemilik kapal dan tongkang tersebut,” pungkasnya. (febri)