TPA Liar di Komplek Pemkab OKUS Jadi Sorotan

0
Kumpulan sampah yang dibuang secara liar di sekitar Komplek Kantor Bupati OKU Selatan
Kumpulan sampah yang dibuang secara liar di sekitar Komplek Kantor Bupati OKU Selatan

MUARADUA (fokus-sumsel.com) –Keberadaan beberapa titik lokasi yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah liar di kawasan komplek Kantor Bupati OKU Selatan mendapat sorotan dari Lembaga Aliansi Indonesia setempat.

Ketua Aliansi Indonesia Kabupaten OKU Selatan, Sutaryo alias Aryo Semendawai, saat dibincangi Jumat (4/1), menilai keberadaan tempat pembuangan sampah liar yang bisa menimbulkan bau tidak sedap serta mencemari kawasan perkantoran Pemkab OKU Selatan tersebut tidak seharusnya terjadi dan dibiarkan.

Diduga buangan sampah yang terlihat menumpuk di beberapa titik kawasan perkantoran Bupati tersebut berasal dari beberapa kantor yang ada di komplek Pemkab OKU Selatan.

“Bukankah Pemda telah menganggarkan serta menyediakan tong-tong tempat pembuangan sampah, tapi mengapa masih terlihat dibuang sembarangan,” ujarnya mempertanyakan.

Atas kondisi ini, Aryo berharap agar Sekda OKU Selatan dan instansi terkait untuk bisa menertibkan serta menegur jika ada pegawai dinas atau kantor yang masih suka membuang sampah sembarangan di kawasan Pemkab.

“Seperti yang terlihat di sekitar Masjid At Taqwa belakang kantor Bupati serta di samping gedung bawah aula Pemkab. Di lokasi tersebut terlihat tumpukan sampah dibuang secara sembarangan dan bukan pada tempatnya. Tentunya ini mengotori lingkungan yang seharusnya bersih serta steril,” ujar Aryo geram.

Ditambahkan oleh Aryo, Pemda juga harus meminta dinas terkait untuk menyediakan mobil pengangkut sampah agar bisa berkeliling setiap hari mengangkuti sampah, khususnya sampah-sampah yang ada di tong-tong sampah di sekitar perkantoran Pemkab agar lingkungan Pemkab selalu bersih setiap hari.

“Ini harus menjadi perhatian. Jangan sampai ada lagi TPA liar di komplek perkantoran Pemkab yang tentunya bisa merusak dan mengganggu kenyamanan bekerja pegawai akibat bau yang ditimbulkan, terlebih mestinya di sekitar perkantoran Bupati harus senantiasa dijaga kebersihannya,” ulas Aryo.

Terpisah Kepala Lingkungan Hidup OKU Selatan, Umar Safari melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Amran Firdaus, dibincangi media ini di kantornya mengungkapkan, pihaknya akan segera mengecek lokasi keberadaan beberapa titik pembuangan liar sampah di area perkantoran Pemkab tersebut.

Setelah dilakukan pengecekan, ujar Amran tentunya akan diberi himbauan kedepan ke setiap kantor khususnya bagi pegawai untuk bisa terus menjaga kebersihan lingkungan kerja dan tidak ada lagi pegawai atau kantor yang membuang sampah sembarangan selain ke tempat yang memang telah di sediakan Pemda. “Terima kasih atas informasinya. Demi kebaikan bersama akan segera kita cek nanti,” tutupnya. (den)