Truk Fuso Nyaris Tabrak Rumah Warga

0

BATURAJA — Truk Fuso dengan Nomor Polisi B 9125 BYV terguling di tikungan tajam Kelurahan Batu Kuning kecamatan Baturaja Barat Lintas tingah Sumatera, Senin (24/6) sore.

Truk tronton bermuatan 5 buah gulungan bahan baku pembuatan tisu seberat 10 ton ini diketahui dikemudikan oleh Maryono (45) warga Medan melaju dari arah Muara Enim hendak menuju Jakarta.

Namun naasnya tiba ditikungan tajam kelurahan Batukuning truk ini terguling dan nyaris menimpa rumah Samsul warga setempat. “Dari Pekanbaru pak hendak ke Jakarta, ini muatan bahan baku tisu,” katanya.

Maryono menjelaskan, sebelum terguling dan nyaris menimpa rumah warga bermula saat dirinya berpapasan dengan truk lain di tikungan tajam di tengah perkampungan Kelurahan Batukuning yang datang dari arah Baturaja.

Ia mengaku, sempat berhenti agar keduanya bisa melewati tikungan setelah mobil lain lewat ia kemudian kembali melaju, namun naas belum beberapa meter mobilnya langsung terguling ke sebelah kiri.

“Saya sudah tahu berbahaya jika memaksa, jadi saya berhenti dan berharap bisa lewat semua. Ternyata pas saya mau lewat malah mobil saya yang terperosok, langsung terguling, karena kondisi jalan tikungannya miring,”jelas Maryono.

Dikatakan Maryono, biasanya mengangkut bahan baku tersebut dari Riau melewati jalur lintas timur, namun berhubung jalan tersebut ditutup karena adanya kerusakan pada jembatan, ia bersama sopir truk lainnya terpaksa memutar jalur melewati jalan lintas tengah Sumatera.

“Ini muatannya gak terlalu berat totalnya sekitar 10 ton, untuk ukuran mobil tronton termasuk ringan namun besar gulungannya cukup besar totalnya ada 5 gulungan satu gulungan 2 ton,” ujar Maryono.

Sementara, akibat tergulingnya truk tersebut arus lalulintas sempat tersendat anggota Satlantas dari Polres OKU yang datang melakukan rekayasa lalulintas dengan memberlakukan buka tutup jalur dari kedua arah dengan dibantu oleh warga sekitar.

“Kita dibantu masyarakat melakukan pengaturan lalulintas agar tidak terjadi kemacetan, kendaraan yang melintas ditikungan tersebut bergantian dari arah Muara Enim maupun dari arah Baturaja, saat ini tengah mencari alat untuk menarik kendaraan dari lokasi kejadian,” kata Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui KBO Lantas, IPDA Karnizar didampingi Kanit Regident, IPDA Holdon.

Dikatakan Holdon, padatnya arus lalu lintas di lintas tengah Sumatera ini merupakan dampak dari dialihkannya arus lalu lintas dari jalur lintas tengah, hal ini diakibatkan putusnya jembatan di Pematang Panggang OKI.

“Kita himbau kepada para pengguna jalan lintas tengah Sumatera untuk berhati-hati dan tetap mentaati aturan lalu lintas, apa lagi banyak jalur sempit diharapkan bergantian ketika berpapasan agar tidak terjadi kemacetan,” tegasnya. (ags)