Home / Hukum dan Kriminal / Tukang Bentor Nyambi Bongkar Rumah Tetangga

Tukang Bentor Nyambi Bongkar Rumah Tetangga

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana didampingi Kasat Reskrim, AKP Alex Andrian SKom saat gelar kasus di Markas Resmob Polres OKU, Sabtu (10/3) malam.

 

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Tampang mukanya seperti orang lugu dan tak berdosa, tetapi siapa sangka kalau Anggi Agustian (25) warga Bakung, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang bentor ini, ternyata punya pekerjaan sampingan membongkar rumah tetangganya sendiri.

Pelaku sendiri sudah beberapa kali beraksi membongkar toko dan rumah warga di lokasi berbeda. Sialnya, saat aksi terakhir, Sabtu (10/3) subuh, pelaku mencuri di tempat yang salah.

Ya, bujangan bertubuh gempal itu diketahui masuk ke rumah Diana atau akrab disapa Ririn (50), PNS guru warga Bakung dengan cara merusak pintu belakang di rumah korban. Lalu pelaku dengan leluasa menggasak uang, handphone serta barang berharga lainnya milik Ririn dengan total kerugian Rp8 juta.

Sialnya korban yang awalnya dikira hanya ibu rumah tangga biasa itu, ternyata sahabat sekaligus teman kuliah Kapolres OKU, AKBP NK Widaya Sulandari.

“Korban datang ke rumah saya untuk melapor bahwa rumahnya sudah dimasuki maling. Lalu saya perintahkan anggota untuk memburu pelaku yang saat itu belum diketahui identitasnya,” ungkap Kapolres OKU, AKBP NK Widaya Sulandari didampingi Kasat Reskrim, AKP Alex Andrian SKom dan Kanit Pidum, Ipda Charlie, saat gelar kasus di Mako Resmob Polres OKU, Sabtu (10/3) malam.

Korban sendiri ungkap Kapolres, sebelum menemuinya sempat menghubungi call center Polres OKU di nomor 110. Namun karena listrik padam, saat itu secara otomatis telepon korban dialihkan ke call center Mabes Polri.

Selanjutnya, Mabes Polri langsung menghubungi SPKT Mapolres OKU dan anggota dalam tempo lima menit langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP.

Setelah melakukan olah TKP lanjut Kapolres, anggota akhirnya melakukan pengejaran terhadap tersangka dengan cara melacak nomor ponsel korban yang handphonenya telah dicuri Anggi.

“Saat dilacak ternyata nomor ponsel korban berada di kawasan Simpang Suska. Lalu tanpa buang waktu Kasat Reskrim bersama anggota langsung ke lokasi dan berhasil mendapati Anggi yang tengah bertransaksi dengan kenalannya untuk menjual handphone milik korban,” kata Kapolres.

Selanjutnya petugas pun langsung mengamankan tersangka, lalu membawanya ke rumahnya untuk dilakukan penggeledahan. “Di rumah pelaku ternyata banyak sekali handphone dan barang-barang berharga lainnya seperti STNK, serta alat pelaku untuk mencuri seperti besi khusus mendongkel pintu atau jendela dan senjata tajam jenis pisau,”ungkap Kapolres.

Kemudian setelah diintrogasi ternyata pelaku mengakui telah melakukan aksi pencurian sebanyak tiga kali, yakni di rumah Arman, warga Jalan Letnan AR Hamiddi Baturaja. “Pada aksi pertama pelaku sukses menggasak uang Rp4,5 juta, handphone dan tabungan korban,” kata Kapolres.

Merasa aksi berjalan aman beber Kapolres, pelaku kembali beraksi membongkar toko milik Arman yang berada di samping rumah korban. “Saat aksi kedua pelaku berhasil mengambil 1/2 dus rokok, uang dan barang lainnya. Jarak aksi pertama dan kedua hanya berselang sehari,” ungkap Kapolres.

Nah, pas beraksi ketiga kali ternyata Anggi bernasib sial, karena masuk ke sarang harimau sehingga seluruh aksinya terbongkar.

Sementara korban sendiri mengucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian yang bergerak cepat mengungkap kasus pencurian tersebut. (bud)

About Erik Agustino

Baca Juga

Berdalih Beli Sate, Ican Nekat Larikan Motor Temannya

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Berdalih ingin membeli sate, Ardiansyah alias Ican (27) warga Desa Bedeng III, …