UTD PMI OKU Gelar Donor Darah

0

BATURAJA —  Dalam rangka hari Donor Darah Sedunia. Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Ogan Komering Ulu mengadakan kegitan apel bersama dengan, relawan PMI OKU, sekaligus melakukan donor darah, Jumat (14/6).

Acara yang dilaksanakan di kantor UTD PMI OKU di Jalan BLL Kulon Baturaja Timur dihadiri oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Kepala UTD dr. Doddy Numursyah, SpB, Pengurus PMI OKU, Yunizir Djakfar SSos, para relawan dan OPD terkait.

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis mengucapkan terimakasih kepada masyarakat para relawan PMI OKU, yang telah mendonorkan darahnya untuk membantu sesama, dan bagi yang belum mendonorkan darahnya mari mendonor. “Mari kita donor untuk membantu sesama,” kata Kuryana. Jumat, di Baturaja.

Dikatakan Kuryana, bahwa masyarakat dan relawan PMI OKU sebagai pejuang kemanusiaan yang dengan penuh keikhlasan mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. “Pada peringatan hari Donor Darah Sedunia ini, diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan kepentingan donor darah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kuryana juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada lembaga/instansi/perusahaan yang telah memberikan dedikasinya dalam kegiatan donor darah dengan sukarela secara rutin.

Sementara itu Kepala UTD PMI OKU dr Doddy Numursyah Sp.B mejelaskan beberapa manfaat mendonorkan darah yaitu, tes kesehatan gratis, mengurangi resiko kanker, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah terkontrol, mempercepat proses penyembuhan luka dan menolong orang lain (sedekah dengan darah).

“Untuk mendonorkan darah ada beberapa syarat yang harus diperhatikan yakni usia 17-65 tahun, sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 45 kg, sistole 100-170, Diastole 70-100, Hemoglobin minimal 12,5-17.0 g/dl,” jelas dr Doddy, Jumat (14/6). (ags)