Vaksinasi Nakes Tahap Ketiga di OKU Capai 87,52 Persen

0
Plt Kadinkes OKU, Andi Prapto. Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Vaksinasi tahap ke-3 (booster) untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini sudah mencapai 87,52 persen dari 2.636 target sasaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, Andi Prapto, Selasa (19/4), menjelaskan, hingga saat ini tercatat sebanyak 2.307 nakes di wilayahnya sudah mendapat vaksin penguat.

Dia mengatakan, ribuan nakes ini sebelumnya sudah mengikuti vaksinasi dosis 1 dan 2 secara lengkap sehingga memenuhi syarat untuk divaksin tahap tiga.

“Sejak dimulai tahun lalu, penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga untuk nakes sudah mencapai 87,52 persen atau 2.307 orang yang sudah divaksin,” ujarnya.

Sedangkan, kata dia, untuk cakupan vaksin dosis pertama dan kedua bagi nakes ini telah melampaui target yang ditetapkan pemerintah sejak akhir tahun lalu.

“Untuk dosis pertama capaiannya sebesar 122,27 persen dan dosis kedua 118,44 persen,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemberian vaksin penguat ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan karena menjadi garda terdepan dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa dari penularan COVID-19 sehingga pemerintah ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal dengan prioritas pemberian vaksin penguat,” tegasnya. (kie)