Wabup Pantau Kondisi Air Bersih Lapas Banyuasin

0

PANGKALAN BALAI (fokus-sumsel.com) – Untuk memastikan udara yang cukup di Lapas Kelas III Banyuasin, Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono SH melakukan peninjauan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin, Rabu (26/09).

Didampingi Kalapas Reza Yudistira K AMd.IP MSi, Wabup langsung mengetahui lokasi penampungan air dan sumur, serta melihat kondisi Balai Kerja dan Klinik di Lapas.

Menanggapi kondisi yang terjadi, Wabup Slamet meminta OPD terkait untuk membantu masalah bersih yang ada di Lapas Banyuasin. “Saya akan perintahkan PDAM untuk segera membahas masalah udara di Lapas Banyuasin. Namun dalam waktu dekat ini kebutuhan air di lapas akan mengeluarkan dari pengisian udara dari tangki, ”kata Pria yang biasa disapa Pakde Slamet ini.

Ditambahkannya, kedepan PDAM akan melakukan peningkatan pelayanan dan penambahan kapasitas mesin. Wabup Slamet Badan agar PDAM dapat menyediakan sarana air bersih di Lapas Banyuasin. Untuk itu, Wabup Slametulihan agar PDAM bisa mengambil langkah – langkah demi demi bersih.

Mantan Wabup Slamet menerima dari Lapas Kelas III Banyuasin yang membutuhkan layanan air bersih. Hal ini katakan Kalapas Banyuasin. “Kami sudah beberapa hari mangalami kesulitan mendapatkan air bersih. Suplai udara dari PDAM tidak menentu. Jadi kondisi ini sangat kekurangan udara, ”kata Kalapas Banyuasin.

Jika hanya well, lanjutnya, maka sewaktu-waktu akan kembali mengalami penyusutan udara, sehingga harus membuat sumur baru. Pihaknya berharap ada jalur pipanisasi terpisah yang terhubung langsung ke Lapas Klas III Banyuasin.

“Persoalan udara ini menjadi kebutuhan yang mendesak. Untuk kebutuhan 1037 warga binaan dengan kondisi yang ada saat ini ya seperti yang terlihat. Mobil tangki air tidak punya. Sumur ada tapi tidak ada mata udara, ada kolam debit udara kecil. Ada udara tapi tidak bersih, banyak udara Kutu yang menyebabkan gatal-gatal. Sumur bor sudah ada dua namun tidak ada udara, ”beber Reza.

Selain itu, pihak Lapas Banyuasin juga meminta Mobil ambulans dan perbaikan kesehatan di lapas seperti menyediakan dokter umum dan dokter kontrol. “Untuk masalah kesehatan akan segera direspon. Jika terjadi hal yang mendesak, pihak lapas dapat mengontak Tim IRC dari Dinas Kesehatan Banyuasin, ”jelas Wabup Slamet. (Diskominfo/PKP)