Warga Pertanyakan Status Caleg di Dapil 2 OKU

0
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.

# Diduga Pendamping Desa Namun Masuk DCT

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Terkait adanya calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan (dapil) dua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berinisial S dan P yang diduga berstatus sebagai tenaga ahli pendamping desa, namun tetap dinyatakan lolos di dalam Daftar Pemilihan Tetap (DCT), ternyata langsung mendapat sorotan dari sejumlah masyarakat di daerah itu.

“Iya, kita cuma ingin tahu apakah kedua caleg itu sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pendamping desa atau belum. Karena sesuai aturan aparatur pemerintah, BUMN/BUMD dan semua profesi yang gajinya berasal dari uang negara diwajibkan mengajukan pengunduran diri sebelum mendaftar jadi caleg,” kata salah seorang warga Kecamatan Semidang Aji, Kab OKU yang minta namanya dirahasiakan, Senin (22/10).

Menurut dia, pihaknya mempertanyakan hal itu mengingat kedua caleg tersebut saat ini sudah terdaftar di DCT, namun aktivitasnya sebagai pendamping desa diduga masih dilakukan. “Itukan aneh, kok sudah mundur tapi masih bekerja sebagai pendamping desa,” sesalnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST menjelaskan, kedua caleg tersebut memang berstatus pendamping desa di Kecamatan Semidang Aji, tetapi keduanya sudah mengajukan surat pengunduran diri. “Karena itu mereka kita loloskan di DCT. Nah, soal sejauh mana proses pengunduran diri mereka, silahkan langsung konfirmasi ke instansi terkait,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas PMD OKU, Ahmad Firdaus, didampingi Kasi Pengelolaan Dana Desa, Alex Tarmizi menegaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat pengunduran diri kedua caleg di dapil 2 OKU tersebut ke Palembang untuk segera diproses.

Alex berharap, warga dapat bersabar dan tidak perlu takut terhadap status kedua caleg tersebut. “Sekali mereka mengajukan surat pengunduran diri, maka menang atau kalah mereka tetap dinyatakan bukan pendamping desa lagi. Intinya, surat pengunduran diri mereka tidak bisa dicabut lagi,” tegasnya.

Lalu bagaimana dengan gaji kedua caleg itu sebagai pendamping desa? Alex menambahkan, terhitung sejak mengajukan surat pengunduran  diri sebagai pendamping desa, maka keduanya tidak lagi menerima gaji sebagai pendamping desa. (ags)