148 Jemaah Haji Asal OKU Dinyatakan Negatif Covid-19

0
Kemenag OKU, Ishak Putih. Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Sebanyak 148 jemaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dinyatakan negatif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Selasa (9/8) pukul 12.30 WIB.

“Alhamdulillah seluruh jemaah haji asal OKU negatif COVID-19 dan kini sudah berkumpul bersama keluarga di rumah masing-masing,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU, Ishak Putih didampingi Kasi Haji dan Umroh, Abdul Muis, Rabu (10/8).

Ratusan jemaah haji yang tergabung dalam kloter lima Embarkasi Palembang tersebut bertolak dari Jeddah pada 8 Agustus 2022 sekitar pukul 22.50 waktu setempat.

Setibanya di Palembang para jemaah langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas II Palembang untuk memastikan tidak terpapar COVID-19.

Dari hasil uji swab tidak ada satupun jemaah yang terindikasi terpapar COVID-19 sehingga langsung dipulangkan ke kampung halaman di Kabupaten OKU.

“Para jemaah tiba di Islamic Center Baturaja tadi malam pukul 23.30 WIB diangkut menggunakan lima bus yang disiapkan Pemkab OKU,” kata dia.

Dalam kata sambutannya, Ishak mengaku bersyukur karena seluruh jemaah haji dapat langsung dipulangkan ke Kabupaten OKU tanpa harus melewati proses karantina di Palembang.

“Karena jika ada yang positif maka akan dikarantina selama 14 hari sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” tegasnya.

Ishak pun mendoakan agar seluruh jamaah haji Kabupaten OKU menjadi haji yang mabrur dan mabruroh serta semakin kuat iman dan taqwa kepada Allah Subhanna Wata’ala. (kie)