Ini Arahan Gubernur Deru di Gelaran TTG ke XVI

0
Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri acara penyelenggaraan Gelar TTG ke XVI dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIX, di komplek perkantoran Tanjung Senai Pemkab OI, Selasa (22/8). Foto: M Gani

INDRALAYA – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri acara penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XVI dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIX, di komplek perkantoran Tanjung Senai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI), Selasa (22/8).

Dalam arahannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan setiap tahun pihaknya menyelenggarakan teknologi tepat guna, dan bulan bhakti gotong royong masyarakat. “Gelaran teknologi tepat guna ini memamerkan produk inovasi dari masyarakat desa yang bermanfaat guna. Dalam hal ini, pemerintah hanya memfasilitasinya saja,” kata Deru.

Deru mengingatkan agar jangan berpikir terlalu muluk-muluk, cukup kebermanfaatan cepat, tepat dan efisien biayanya. Sehingga hal itu bisa disebut dengan TTG dan kegotong royongan.

Begitupun dengan semangat kegotong royongan, kata Deru, hal itu harus terus digelorakan. “Perlu diketahui saat ini masih ada kelembagaan yang mengutamakan ego sektoral dan lupa dengan lingkungan sekitar. Disinilah kita mengingatkan agar semangat gotong royong bisa tumbuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumsel Drs Nelson Firdaus, MM., menambahkan tujuan bulan bhakti gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022 adalah meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Yakni menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil- hasil Pembangunan. “Tujuan gelar teknologi tepat guna tingkat Sumsel tahun 2022, yakni memperkenalkan jenis TTG dan produksinya kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi cukup untuk menetapkan pilihan,” terangnya.

Selain itu, dapat meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara instansi pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, perguruan tinggi dalam pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna hingga terbentuknya persamaan persepsi dan kemitraan antara semua unit terkait dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat.

Dalam kegiatan ini pula, pihaknya menginformasikan kepada masyarakat mengenai hasil-hasil kegiatan, sehingga masyarakat dapat mengenal lebih dekat dan berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

“Gelar TTG XVI tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022 berlangsung dari 23-25 Agustus 2022 di Lapangan Perkantoran Pemkab OI. Untuk tuan rumah TTG tahun 2023 akan di musyawarahkan bersama antar Kepala Dinas PMD se-Sumsel, di acara Rakornis di Kabupaten OI, sehingga dapat ditentukan kabupaten mana yang akan menjadi tuan rumah gelaran TTG,” imbuhnya.

Dia menyebut kegiatan pokok dari pameran Gelar TTG yakni lokakarya dan Rakornis PMD pada 24 Agustus 2022 di Gedung Serba Guna KPT Tanjung Senai Pemkab OI, Widya Wisata pada 25 Agustus 2022 ke Kecamatan Burai Kabupaten OI, lomba masak pindang diselenggarakan PKK Provinsi Sumsel diikuti PKK kabupaten/kota se Provinsi Sumsel.

Sementara kegiatan pendukung yakni promosi alat TTG, penilaian TTG unggulan, stand kabupaten/kota, dan stand kecamatan yang penilaiannya dilaksanakan selama pameran serta pemenang akan diumumkan pada saat penutupan. (gan)