Ada Harimau Berkeliran di Kebun Warga

0
Petugas saat memasang kamera pengintai di lokasi yang diduga sering dilewati harimau
Petugas BKSDA wilayah III Sumsel saat memasang kamera pengintai di lokasi yang diduga sering dilewati harimau

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Warga Lubuk Dingin, Dusun 6, RT 02, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU digegerkan kemunculan harimau di perkebunan warga. Kemunculan binatang buas ini tak pelak membuat warga sekitar resah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 3 Sumatera Selatan, Herman Kanali saat dihubungi, Kamis (17/1), membenarkan adanya laporan warga terkait kemunculan harimau di kebun warga. “Kalau keterangan masyarakat begitu, kemungkinan harimau keluar dari hutan,” ucap Herman.

Menurut Herman, masyarakat sering melihat harimau saat malam hari keluar untuk mencari makan buah durian. “Kami baru tahu infonya, makanya kami mengecek langsung ke TKP,” katanya.

Nah, untuk memastikan kebenaran itu, pihaknya telah memasang kamera di titik-titik yang sering dilalui harimau.

“Mudah-mudahan kalau memang ada akan tertangkap kamera. Jadi kita bisa bergerak untuk memburu harimau itu agar tidak membahayakan warga,” ujar Herman.

Sementara pasca adanya informasi terlihatnya lima ekor harimau di Lubuk Dingin, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, suasana tetap kondusif.

Kades Tanjung Baru, Amin Rahman saat dikonfirmasi mengaku, belum ada laporan dari warga kepada mereka terkait adanya kemunculan harimau.

“Pihak dari BKSDA sudah ada koordinasi dengan kami terkait pemasangan kamera. Menurut informasi awal mulanya muncul informasi itu ada pihak kehutanan mencari durian di daerah itu. Ada warga yang cerita jika melihat harimau. Sekilas informasi yang saya dengar begitu,” katanya.

Sampai saat ini kata Amin, kondisi di masyarakat tetap aman dan kondusif. Namun ia menghimbau kepada warga untuk berhati-hati. “Jika melihat harimau jangan diganggu, kalau harimaunya tidak menggangu,” kata Amin.

Disamping itu warga Desa Tanjung Baru, Yeyen menceritakan dahulu menurut cerita atau hikayat orang tua- orang tua terdahulu di daerah Bukit Kemiling memang ada harimau peliharaan puyang.

“Untuk detil nama puyangnya yang jelas saya kurang paham. Tapi dari mulut kemulut yang kami kenal Puyang Kemiling. Makam puyang ada di situ. Dari cerita yang kami dengar puyang ada peliharaan harimau. Dan sekarang dipercaya gaib,” katanya. (ags)