Alat Perekam e-KTP Rusak, Pelayanan Ke Masyarakat Terganggu

0
Petugas saat memperlihatkan alat perekam e-KTP di kantor Kecamatan Baturaja Timur yang kini mengalami kerusakan. Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Alat perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Kantor Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengalami Kerusakan. Akibatnya, pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu.

Camat Baturaja Timur, Ogan Ambri, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa memang alat untuk perekem elektronik KTP di Kecamatan Baturaja Timur mengalami kerusakan.

Dikatakan Ogan Ambri bahwa kerusakan alat rekam E- KTP sudah dilaporkan ke Dinas Pendudukan dan Catatat sipil (Disdukcapil) kabupaten OKU pada tanggal 15 Maret 2022 lalu. “Untuk kerusakan alat rekam E-KTP yakni Software, Hardware, dan Camera,” ujarnya.

Dikatakan Ogan Ambri, dari kerusakn tersebut menghambat pelayanan masyarakat untuk perekaman E-KTP.
“Alhamdulillah kemarin pihak Disdukcapil membuka pelayanan perekaman E-KTP satu minggu dua kali di hari Senin dan hari Rabu,”ungkapnya.

Ditambahkan Ogan Ambri, hampir beberapa tahun belakangan ini, beberapa kecamatan sebelum rusak alat rekam E – KTP di Kecamatan Baturaja Timur menumpang rekam di Kecamatan Baturaja Timur tersebut.

“Kami mendapatkan informasi dari operator bahwa beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten OKU mengalami kerusakan juga alat rekam E – KTPnya. Dan informasi untuk alat rekam E – KTP yang masih bagus yakni di Kecamatan Lengkiti dan Kecamatan Peninjauan,” jelasnya. (kie)