Diskominfo – BPS Muba Gelar Pelatihan Instruktur Desa Cinta Statistik

0
Diskominfo dan BPS Muba menggelar pelatihan instruktur kabupaten program desa cantik, di Virtual Room Dinkominfo Muba, Kamis (25/8). Foto: Riduwansyah

SEKAYU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat menggelar pelatihan instruktur kabupaten program Desa Cantik, di Virtual Room Dinkominfo Muba, Kamis (25/8).

Pelatihan oleh dua instansi ini bertujuan untuk mewujudkan Satu Data Muba. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba, H Apriyadi melalui Kepala Diskominfo Muba, Herryandi Sinulingga, dihadiri langsung Kepala BPS Muba, Trio Wira Dharma, serta Kepala Bidang Statistik Sektoral Irma Santi Dewi. Sementara bertindak sebagai narasumber Statistisik Madya BPS Provinsi Sumsel, Samsul Munawar.

Herryandi Sinulingga mengatakan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kompetensi kerja para instruktur kabupaten yang nantinya akan melatih operator seluruh desa dalam mewujudkan desa cinta statistik.

Lingga berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan serius sehingga hasil pelatihan menghasilkan satu konsep bersama dan dapat direalisasikan di lapangan.

“Ikutilah kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga ketika menjalankan tugas di lapangan nanti seluruh instruktur sudah memahami betul apa yang perlu disampaikan terkait dengan data-data di tingkat desa ini mengingat semua data ini akan jadi bahan dasar pelaksanaan pembangunan Muba,” ungkapnya.

Menurut dia, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Pemkab Muba karena dapat menetapkan program pemerintah menjadi lebih tepat sasaran. Baik pembangunan infrastruktur, mengurangi angka kemiskinan dan stunting di desa.

Lingga menegaskan konsep dan pelatihan ini sebagai dasar membangun Muba berbasis data. “Program ini sebagai upaya mengelola sumber daya alam dan mengidentifikasi kendala-kendala pembangunan di desa secara optimal dengan berlandaskan statistik,” pungkasnya.

Setali tiga uang, Kepala BPS Muba Trio Wira Dharma juga berharap pelatihan ini dapat menambah kemampuan seluruh instruktur kabupaten dalam bekerja.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk mendukung program tersebut. Dimulai dengan pelatihan bagi instruktur pembina desa cantik tahun 2022. Pesertanya instruktur kabupaten program desa cantik di Muba. Mereka kelak yang akan melakukan pembinaan di tiap-tiap kecamatan dan desa. Kami berterimakasih kepada Diskominfo Muba yang sudah mensupport dan memfasilitasi kegiatan ini,” jelasnya. (wan)