Duta Lingkungan Hidup Aipda Dodi Permana Terima Penghargaan Kalpataru 2022

0
Didampingi Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, duta lingkungan hidup Aipda Dodi Permana, anggota Polres Lahat menerima penghargaan Kalpataru tahun 2022, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Rabu (20/7). Foto: Retno

LAHAT – Didampingi Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto,  duta lingkungan hidup Aipda Dodi Permana yang sehari-harinya berprofesi sebagai anggota Polres Lahat menerima penghargaan Kalpataru tahun 2022, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Rabu (20/7) pagi.

Penghargaan itu langsung diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., dalam kategori Pengabdi Lingkungan dengan No. Sk.533/MEN LHK/PSKL/PSI.315/2022.

Piagam penghargaan didapat atas dasar undang undang (UU) tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Lembaran Negara RI tahun 2009 No 140, tambahan lembaran Negara RI No 5059).

“Salah satu personel Polres Lahat disamping melaksanakan tugas pokok, juga sebagai Duta Lingkungan Hidup atas nama Aipda Dodi Permana. Bersangkutan telah melakukan inovasi berupa pengumpulan, pengolahan daur sampah ulang yang dijadikan bahan kerajinan, sehingga, dapat bermanfaat dan menghasilkan uang,” kata Kapolres Lahat, AKBP Eko Sumaryanto.

Menurut dia, hal ini suatu terobosan Polres Lahat melalui Bhabinkamtibmas di setiap desa. Penghargaan Kalpataru tahun 2022 diberikan kepada nama perorangan atau kelompok masyarakat oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tanggal 30 Mei 2022.

“Pastinya saya merasa bangga dan senang atas terobosan, inisiatif, kreatif, dan dedikasi atau kepedulian personel Polres Lahat terhadap Lingkungan,” terangnya.

Sehingga, diakui Kapolres Lahat, telah membawa dan mengharumkan nama baik Polres Lahat secara nasional dan pribadi anggota tersebut.

“Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan ini semua. Tapi, yakinlah dengan ada niat kemampuan dan keikhlasan dalam bekerja akan mendapatkan hasil yang maksimal,” jelas Kapolres Lahat. (rws)