Peluncuran Rumah Aspirasi Budaya Dapat Apresiasi Seniman dan Budayawan

0

PALEMBANG, – Peluncuran rumah aspirasi budaya di rumah dinas Ketua DPRD Sumatera Selatan mendapat apresiasi para seniman dan budayawan di provinsi tersebut.

Apresiasi para seniman dan budayawan di Sumsel ini diberikan ke Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH yang menjadi pilot project di Indonesia karena telah menginisiasi Rumah Dinas (Rumdin) untuk dijadikan Rumah Aspirasi Budaya.

“Inisiasi ibu Anita ini menjadi pilot project di Indonesia. Baru rumdin Ketua DPRD Sumsel inilah yang dijadikan Rumah Aspirasi Budaya yang merangkul Seniman dan budaya di Sumsel,” kata Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS), Syahril Erwin di sela launching Rumah Aspirasi Budaya di Rumdin Ketua DPRD Sumsel, Kamis (22/4).

Menurut dia, inisiasi Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati tersebut harus di apresiasi dan mendapatkan dukungan penuh dari berbagai Seniman dan budayawan di Sumsel. “Semoga dengan keberadaan Rumah Aspirasi Budaya ini akan lebih menggelorakan lagi kreatifitas Seniman dan budayawan di Sumsel,” ujarnya.

Tidak hanya Seniman dan budayawan di Sumsel, apresiasi juga datang dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Sumsel Aufa Syahrizal, ia menilai inisiasi Ketua DPRD Sumsel mendirikan Rumah Aspirasi Budaya menjadi satu solusi merangkul semua budayawan dan Seniman di Sumsel.

Ia berharap, semoga Rumah Aspirasi Budaya ini akan bermanfaat untuk warga masyarakat Sumsel terutama pelaku seni dan budayawan di Sumsel.

Sementara Direktur Rumah Aspirasi Budaya, Aryuda Perdana Kusuma SSos mengatakan, Rumah Aspirasi Budaya ini menjadi wadah berkreasi para seniman dan budayawan di Sumsel.

“Rumah Aspirasi Budaya ini merupakan wadah untuk berkumpulnya seniman dan budayawan, dan kita berharap akan menjadi kontribusi positif untuk Sumsel,” katanya.

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH menyebutkan, latar belakang dirinya mendirikan Rumah Aspirasi Budaya tersebut dikarenakan di Sumsel memiliki keberagaman suku dan budaya yang ada.

“Dengan cara inilah saya bisa berkolaborasi langsung dengan masyarakat terutama pelaku seni dan budayawan di Sumsel,” tuturnya.

Anita menambahkan, Rumdin Ketua DPRD Sumsel tersebut terbuka untuk semua lapisan masyarakat. “Inikan rumah rakyat, jadi tidak hanya untuk warna tertentu tetapi untuk semua warna,” ujarnya. (Sw)