Sultan Iskandar Siap Perjuangkan Hak Pekerja Muslim

0
Sultan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menerima kunjungan DPW Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Provinsi Sumsel, dikediamannya di Jalan Torpedo Sekip Ujung Palembang, Minggu (15/5). Foto: Susilawati

PALEMBANG – Sultan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menerima kunjungan DPW Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Provinsi Sumsel, dikediamannya di Jalan Torpedo Sekip Ujung Palembang, Minggu (15/5).

Sultan mengatakan, pihaknya bersyukur hari ini mendapat kunjungan silaturahmi dengan PPMI Sumsel. “Alhamdulilah saya panjatkan kepada Allah SWT disini kita bisa bersilaturahmi. Banyak sekali wacana-wacana tentang hak-hak pekerja muslim Indonesia yang terkadang diskriminatif dengan aturan yang dibuat pemilik perusahaan,” ujarnya.

Dia mengilustrasikan beberapa waktu lalu, pekerja muslim dilarang berhijab oleh owner tempatnya bekerja. Pihaknya mengklaim siap memperjuangkan hak para pekerja muslim tersebut.

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mengungkapkan, pihaknya bersama PPMI Sumsel akan memperjuangkan hak hak pekerja muslim demi mendapatkan keadilan.

“Karena di dalam UUD 1945 menyatakan negara menjamin kebebasan beragama, pendidikan, dan kesejahteraan. Negara Indonesia adalah zamrut khatulistiwa dengan Bhineka Tunggal Ika yakni walaupun berbeda, tapi tetap satu. Ini jangan dirusak oleh oknum-oknum yang tidak senang dengan NKRI, baik dari oknum di dalam dan luar negeri yang ingin mengacaukan persatuan dan kesatuan Indonesia,” papar Sultan Palembang.

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menambahkan, kedepan PPMI ingin membuka Koperasi Pekerja Muslim Indonesia. “Wacana ini bagus, karena PPMI juga ada di berbagai negara seperti Arab Saudi, Brunai Darussalam, Malaysia, Thailand, Filipina dan negara lainnya. Ukhuwah Islamiyah dan silaturahmi harus tetap dipertahankan untuk Pekerja Muslim Indonesia, ” jelasnya.

Sementara itu, Ketua umum DPW PPMI Sumsel, Ferry Lesmana menuturkan, kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dengan Sultan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin agar kedepan bisa lebih aktif lagi dalam mempertahankan hak hak pekerja muslim. “Kita juga berharap kedepan bisa lebih luas lagi jangkauannya,” ucapnya.

Selain memperkenalkan PPMI di Sumsel, kata Bendahara DPW PPMI Sumsel, Ki Agus Muhammad Yahya Berlian, kunjungan ini melibatkan Sultan menjadi Dewan Penasehat dan memback up tentang pekerja muslim Indonesia dalam suatu pekerjaan dilakukan dengan baik sesuai standar Islam.

“Salah satu contoh, pekerja muslim dilarang memakai hijab atau hal lainnya. Kita ingin hak pekerja muslim untuk direalisasikan dengan baik, ” akunya.

Dia berharap Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dapat membantu sepenuhnya kalau ada permasalahan didalam wadah PPMI, dan bisa berkomunikasi, saling tukar wawasan, pemikiran dalam saling sharing untuk mendapatkan win win solution.

Dia mengungkapkan, saat ini kepengurusan  DPW PPMI Sumsel baru, sehingga ingin bertemu dengan tokoh di Sumsel.

“Kita bersilaturahmi dengan Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin agar dapat memperjuangkan hak pekerja Muslim dalam dan luar negeri. Sebagai informasi di Sumsel sudah bergabung lebih dari 4.000 pekerja muslim Indonesia,” jelasnya. (sus)