Sumsel Peringati Hari Jadi ke 76, Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan

0
Unsur pimpinan DPRD Sumsel berfoto bersama usai menghadiri rapat paripurna istimewa dengan agenda Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumsel ke-76, di Palembang, Selasa (17/5). Foto: Susilawati

PALEMBANG – DPRD Sumatera Selatan menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumsel ke-76, di Palembang, Selasa (17/5).

Peringatan hari jadi Sumsel pada tahun ini mengambil tema ‘Dengan Semangat Hari Jadi Sumatera Selatan Ke-76, Kita Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan’.

Rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati yang didamping Wakil Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dan dihadiri Gubernur Sumsel, Herman Deru dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati dalam sambutannya mengatakan, peringatan yang dilaksanakan dalam bentuk rapat paripurna istimewa ini seyogyanya jatuh pada 15 Mei 2022.

Namun dikarenakan tanggal tersebut bertepatan dengan hari Minggu dan tanggal 16 Mei hari libur hari raya Waisak sehingga hari jadi Sumsel tahun ini baru dapat diperingati pada Selasa 17 Mei 2022.

“Sebagai wujud kebahagiaan dan rasa syukur kita atas kemajuan daerah yang kita cintai ini, izinkan kami atas nama lembaga DPRD Sumsel mengucapkan selamat hari jadi Provinsi Sumsel ke-76 bagi seluruh komponen masyarakat Sumsel,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Ketua DPRD Sumsel mengapresiasi kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dalam membangun Sumsel dengan diperolehnya penghargaan dalam ajang publik Leader Awards 2022 dengan katagori wilayah Sumatera terbaik.

Di mana penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas pencapaian Gubernur Sumsel yang dinilai mampu menampilkan kepemimpinan inovatif dan produktif untuk mendorong pembangunan dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik, yakni dari segi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, serta pembangunan kesehatan termasuk penanganan Covid 19.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada para mantan Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel, pimpinan dan anggota DPRD Sumsel, serta para mantan pimpinan dan anggota DPRD Sumsel, Bupati maupun Walikota se-Sumsel yang telah memberikan kontribusi melalui kiprah dan karya dalam membangun dan memimpin daerah Sumsel demi kesejahteraan masyarakat Sumsel, termasuk juga tokoh masyarakat, insan pers, tokoh wanita, dan pemuda serta lainnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru, menyatakan, Provinsi Sumsel merupakan provinsi terluas di Pulau Sumatera dan terbesar ketiga dari sisi jumlah penduduk.

Secara geografis, politis, dan ekonomis, Sumsel memiliki posisi yang sangat strategis, baik lalu lintas maupun sumber daya alam. “Tentunya potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin demi terwujudnya kejayaan provinsi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, tema hari jadi Provinsi Sumsel ke-76 sangatlah tepat untuk mengingatkan semua para pelaku pembangunan agar secara sinergi bekerjasama.

“Dan sama-sama bekerja bahu membahu sesuai kapasitas dan kewenangan masing-masing dalam meningkatkan kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani serta menurunkan kemiskinan guna mencapai tujuan akhir pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya. (sus)