Warga Binaan Lapas Banyuasin Isi Bulan Puasa dengan Kajian Rutin

0
Para warga binaan di Lapas Kelas IIA Banyuasin tampak antusias mengikuti kajian agama Islam yang diadakan pihak lapas selama Ramadhan, Selasa (4/4). Foto: Ali Mahyudin

BANYUASIN – Untuk mengisi bulan Ramadhan 1443 H ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin menggelar Kajian agama Islam. Seperti yang terlihat pada Selasa (4/4/2022). Warga binaan dengan khusyuk mendengarkan kajian yang disampaikan oleh Ustadz dan didampingi oleh Staf Binadik Lapas Banyuasin.

Kajian yang diberikan kali ini membahas keutamaan bulan Ramadhan dan terkait ibadah-ibadah yang utama dilakukan dalam rangkan mengumpulkan pahala dan amal shaleh di bulan suci ini.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin, Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, kajian ini akan digelar secara rutin di bulan Ramadhan setiap menjelang Zhuhur.

Ia menjelaskan, dengan keterbatasan jumlah warga binaan yang dapat mengikuti kajian, speaker dari masjid sudah disambungkan ke masing-masing kamar blok hunian agar warga binaan lain yang tidak ikut kajian juga dapat mendengar dari dalam kamarnya.

“Dengan adanya kegiatan kajian ini, diharapkan bisa menambah dan meningkatkan keimanan warga binaan. Untuk itu, Lapas Banyuasin memfasilitasi dengan penuh sarana dan prasarana untuk kegiatan di bulan Ramadhan ini,” jelasnya.

Berry, salah satu warga binaan yang tergabung dalam Pesantren Nurul Hidayah Lapas Banyuasin mengungkapkan, sangat antusias mengikuti kajian yang disediakan oleh Lapas Banyuasin.

Menurutnya, hal tersebut dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Di bulan Ramadhan ini, Lapas Banyuasin banyak menggelar kegiatan yang bermanfaat, seperti kajian Islam ini, salat Tarawih berjamaah hingga tadarus,” ungkapnya. (din)